Mengamati Terminal ‘Sesak’ Bekasi, Becak pun Bebas Beroperasi 

185

IMG-20210311-WA0183

Terminal Bekasi tergolong ‘unik.’ Tidak hanya mobil dan motor dapat melintasi dalam terminal, tetapi juga becak pun banyak beroperasi di sana.

Bidik banten mencoba mengamati terminal di Kota Bekasi, Jawa Barat ini, melihat hampir seluruh jenis angkutan umum ada di sana. Dari angkot, bus kota hingga bus antarkota.

Terminal ini terbilang sudah sesak oleh angkutan umum. Di tengah fakta itu, kendaraan pribadi yakni mobil dan motor dapat berseliweran dengan bebas melewati area dalam terminal.

Menariknya lagi di terminal ini juga banyak becak beroperasi. Dari becak mangkal, hingga hilir mudik. Sebagian becak itu terlihat lebih banyak mengangkut barang ketimbang penumpang. Bahkan ada pedagang, yang menjajakan rambutan menggunakan becak dan mangkal di sana.

Dia mengemukakan mengayuh sendiri becak berisi dagangan dari rumah ke terminal hingga balik lagi ke rumah. “Namanya juga cari rezeki,” cetusnya. Sedangkan Dodi, pengemudi becak, mengutarakan setiap hari mangkal di terminal, banyaknya bawa barang orang mau naek bis atawa yang turun dari bis”.

(Lingga M akbar)