Jelang Pencoblosan Pilkades Kabupaten Tangerang, 8 Orang Diduga Tim Sukses Diamankan Polisi

42

images (3)

Sehari sebelum pencoblosan Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang, Sabtu (9/10/2021), 8 orang yang diketahui sebagai tim sukses salah seorang calon kepala desa, diamankan warga dan diserahkan ke polisi karena membagi-bagikan uang di Desa Ranca Kelapa, Kecamatan Panongan.

Warga Desa Ranca Kelapa, Albar menerangkan, 8 orang yang diamankan merupakan bagian dari tim sukses seorang calon kepala desa.

Mereka kedapatan membagi-bagikan uang kepada warga di RT 01 sampai 03, sambil mengarahkan pilihan pada pencoblosan nanti.

“Hari ini ada 8 orang sudah diamankan, ada satu orang yang membawa senjata api,” kata Albar, Sabtu (9/10/2021).

Dia memaparkan, penangkapan dan penyerahan ke-8 orang tim sukses itu ke polisi disaksikan Panitia Pengawas (Panwas) Pilkades. Dari tangan mereka ditemukan banyak amplop berisi uang senilai Rp 300 ribu.

“Pelaku sama barang bukti beberapa plastik berisi amplop sudah diserahkan ke kepolisian, sedang diperiksa di sana. Satu amplop berisi uang Rp300 ribu,” jelas Albar

Kapolres Kota Tangerang, Kombes Wahyu Sri Bintoro menegaskan tengah menyelidiki dugaan politik uang di wilayah Desa Ranca Kelapa itu.

“Sudah kita proses untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” jelas Kapolres.

Untuk informasi, di Desa Ranca Kalapa, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang terdapat 4 calon kades yang bertarung pada Pilkades 2021.

Mereka yakni Karta sebagai calon nomor 1, Linda Gunawan calon nomor 2, Haji Dani calon nomor 3, dan Umaedi calon nomor 4.

Sebanyak 526 ribu warga di 77 Desa di Kabupaten Tangerang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada hari ini, Minggu (10/10/2021).