Irjen Abdul Karim Resmi Menjabat sebagai Kapolda Banten

202

Irjen Abdul Karim resmi bertugas sebagai Kapolda Banten. Abdul Karim menggantikan Irjen Rudy Heriyanto, yang mendapat tugas baru.

Upacara serah terima jabatan Kapolda Banten digelar di Gedung Rupatama Mabes Polri pada Jumat (24/11/2023). Abdul Karim ditunjuk sebagai Kapolda Banten berdasarkan surat telegram ST/2360/KEP./2023 yang terbit pada Oktober lalu.

Kabid Humas Kombes Didik Hariyanto mengatakan serah terima jabatan Kapolda Banten dilakukan pada pukul 13.00 WIB tadi. Irjen Rudy, yang menjabat Kapolda Banten sejak 2021, bakal menjadi pati Bareskrim Polri.

“Irjen Rudy menjabat Kapolda Banten sejak 5 Januari 2021 dan mendapat jabatan baru sebagai pati Bareskrim Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktural,” kata Didik.

Abdul Karim sebelumnya menjabat Karokorwas PPNS Bareskrim Polri. Dalam catatan detikcom, Abdul Karim pernah menjadi Dirkrimsus Polda Banten saat Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih menjabat Kapolda Banten pada 2016-2018.

“Mutasi jabatan adalah proses alamiah dalam organisasi, dalam rangka meningkatkan kinerja, promosi dalam sistem pembinaan karier, tour of duty and tour of area dan dalam rangka mempersiapkan pengamanan pemilu secara awal,” ucap Didik.