Airin Dilaporkan ke KPU dan Panwas, Diduga Bagi-Bagi Uang Saat Kampanye

814

Satuan Tugas Lawan Politik Uang (Sapu) Tangerang Selatan akan melaporkan dugaan politik uang yang dilakukan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie ke Komisi Pemilihan Umum dan  Panitia Pengawas Pemilu Tangerang Selatan.

“Kami laporkan hari ini,” ujar Koordinator Satuan Tugas Lawan Politik Uang (Sapu) Tangerang Selatan Beno Novit Neang, Rabu 2 September 2015.

Terungkapnya dugaan politik uang ini setelah Sapu menerima laporan dari warga yang mengaku telah dimobilisasi dan mendapat iming-iming uang dalam kampanye pasangan inkumben itu. “Pasangan petahana sudah terindikasi memainkan politik uang dengan memobilisasi masyarakat untuk menghadiri acara kampanye dengan iming-iming uang dengan besaran Rp 50 ribu per orang,” kata Beno.

Beno menjelaskan, laporan dugaan itu disampaikan tiga warga Rempoa dan Gintung, Ciputat beserta alat bukti berupa broadcast ajakan kampanye, rekaman suara tim Airin-Benyamin yang menjanjikan pemberian uang, suvenir, dan kaos bagi warga yang mengikuti kampanye Minggu 30 Agustus 2015.

Beno berpendapat, model kampanye itu melanggar aturan. Beno merujuk pada Undang-undang nomor 8 tahun 2015 dan PKPU nomor 7 tahun 2015 tentang aturan main dan larangan dalam berkampanye. “Ini salah satu bentuk politik uang,” katanya. “Jika benar terbukti petahana melakukan pelanggaran maka dapat dikenai sanksi pembatalan sebagai pasangan calon oleh KPU Tangerang Selatan.”tandasnya, seperti dikutip Tempo.

Menanggapi laporan tersebut, Komisioner KPU Tangerang Selatan Badrussalam mengatakan belum menerima laporan izin kampanye Airin-Benyamin. Sejak dimulainya masa kampanye pada 27 Agustus hingga hari ini, baru pasangan Arsyid-Elvier dan Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra yang mengajukan kampanye.

Sementara itu, pasangan petahana Airin-Benyamin membantah tudingan Sapu tersebut. “Isu itu tidak benar,” kata Benyamin saat dihubungi Tempo. Menurutnya, saat ini tim sedang menyusun jadwal kampanye sambil menunggu pengajuan cuti.

Benyamin menjelaskan acara pada hari Minggu lalu itu, dirinya dan Airin adalah undangan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan dalam kegiatan gerak jalan dalam rangka hari kemerdekaan.

(KD/Tmp)

 

 

Comments are closed.