Jelang Libur Imlek, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Merak Justru Sepi

1125

imlekJelang libur Perayaan Imlek, kondisi arus lalu lintas di kawasan Pelabuhan Merak kota Cilegon terpantau normal, pada musim libur Imlek ini jumlah penumpang yang melakukan penyebrangan justru mengalami penurunan baik dari penumpang pejalan kaki maupun armada angkutan barang.

Suasana arus lalu lintas di Pelabuhan Merak kota Cilego jelang libur perayaan Imlek terlihat berbeda dengan musim libur Natal maupun Lebaran, meski pelaksanaan libur hari Imlek jatuh pada Kamis besok, kepadatan penumpang baik pejalan kaki maupun armada kendaraan yang membawa logistik untuk diseberangkan ke Pulau Sumatera terlihat begitu lengang.

Menurut manajer operasional ASDP Merak, kondisi kepadatan penumpang dimusim libur Imlek setiap tahunnya jauh berbeda dengan musim libur lainnya,  terlebih banyak perusahaan yang diliburkan sehingga mempengaruhi jumlah kendaraan angkutan barang yang membawa logistik untuk diseberangkan.

“Sehingga berdampak pada berkurangnya angkutan penyebrangan pada kendaraan angkutan truk ekspedisi yang penurunannya terjadi hingga 6 persen”ujar Nana Sutisna, Manajer Operasional ASDP Merak, (18/2).

Sementara pada musim libur Imlek tahun ini, penurunan penumpang juga terjadi pada penumpang pejalan kaki yang penurunannya mencapai 9 persen dari jumlah penumpang yang disebrangkan setiap harinya.

Meski demikian,untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang,  pihak ASDP sudah menyiapkan 53 armada kapal termasuk 28 kapal yang operasionalkan, untuk melayani penyebrangan setiap harinyadan  untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

Reportase: A Fernando

Comments are closed.