Banyak Bus Tak Laik Jalan di Terminal Terpadu Merak

271

IMG-20210313-WA0143

Petugas Dinas Perhubungan Kota Cilegon melakukan pengecekan kesiapan bus angkutan umum di Terminal Terpadu Merak (TTM),jumat (12/3). Dalam pengecekan tersebut, ditemukan sejumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tidak laik jalan.

Dari 28 bus, hanya delapan bus saja yang dinyatakan laik dan ditempeli stiker angkutan umum . Sementara sisanya, dinyatakan bermasalah seperti ban serep yang tidak laik, dan wipper hujan yang tak berfungsi.

IMG-20210313-WA0141

“Dalam ramp check (pemeriksaan) ini kita lakukan pemeriksaan seperti lampu sen, lampu mundur, lampu besar, dekat, wipper kaca dan wipper hujan. Itu yang bisa dilakukan. Dari hasil proses ramp check tersebut, yang mendominasi penilaian ketidaklaikan kendaraan adalah tidak adanya ban serep dan beberapa komponen seperti lampu mundur tidak menyala dan wipper hujan yang tidak berfungsi,” kata Kepala Terminal Terpadu Merak, di Kota Cilegon.

Pemeriksaan itu dilakukan guna menunjang keberhasilan angkutan umum 2021, dan juga keselamatan penumpang menjadi prioritas utama sehingga petugas terminal melakukan ramp check rutin.

“Semua mobil yang mau berangkat kita ramp check, tiap regu kita estafet‎ untuk melakukan pemeriksaan,” ungkapnya (lingga m akbar)