Warga Binaan Bantu Pemkab Pandeglang Bersihkan Jalanan

608
Warga Binaan
Warga Binaan Saat Melakukan Bersih-Bersih Jalan Dan Mengangkut Sampah Yang Berserakan Diselokan. (Foto, BidikBanten)

PANDEGLANG, (BidikBanten) – Dalam mendukung Pemkab Pandeglang pada peningkatan kebersihan lingkungan, Rumah Tahanan Kelas IIB Pandeglang mengerahkan sedikitnya 20 warga binaan untuk turut membersihkan lingkungan seperti jalan, hingga mengangkut sampah yang berserakan diselokan.

Kepala Rutan Kelas IIB Pandeglang, Fonika Affandi mengatakan, dalam melakukan kebersihan lingkungan, pihaknya mengerahkan 20 warga binaan, dan 15 petugas Rutan. Menurutnya kegiatan yang dilakukan ini setelah ada usulan dari pihak Kecamatan Pandeglang. “Kami diajak oleh Camat Pandeglang, kebetulan dalam melakukan kebersihan warga binaan juga suka melakukan kebersihan di lingkungan Rutan secara rutin,” katanya, Selasa (24/01/2017).

Fonika melanjutkan, setelah Camat Pandeglang menggagas, pihak Rutan langsung membuat tema Warga Binaan Peduli Lingkungan Sekitar. Menurutnya, konsentrasi Rutan bukan hanya didalam Rutan saja tetapi lingkungan yang ada disekitar Rutan. “Ini warga binaan tidak hanya membersihkan Rutan, mereka juga turut membersihkan sampah maupun puing-puing yang ada di sekitar gedung Setda baru bersama-sama dengan polisi dan TNI,” ujarnya.

Salah satu warga binaan, asal Pandeglang yang enggan disebutkan namanya mengaku, dirinya merasa senang dengan kegiatan yang dilakukannya, karena bersih-bersih merupakan kegiatan yang bukan terbilang baru dilakukannya. “Alhamdulillah sangat senang, kami juga rutin bersih-bersih di dalam Rutan, jadi bagi kami ini merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kami,” ujarnya.

Sementara, Camat Pandeglang, Melly Dyah Rahmalia menyatakan, sebelum kegiatan ini dilakukan, sebelumnya dirinya datang ke Rutan Pandeglang, pada saat ini langsung menggagas untuk melakukan kegiatan bersih-bersih secara rutin. “Awalnya saya ke Rutan, ketemu dengan Karutan akhirnya nyambung, langsung kami berkoordinasi dengan pak Dandim dan Pak Kapolres Pandeglang, hingga kegiatan ini bisa berjalan,” katanya.

Melly juga menekankan, dengan dilakukannya kegiatan bersih-bersih lingkungan tidak hanya untuk mengejar penilaian Adipura, minimal lingkungan yang ada di ruang lingkup Kecamatan Pandeglang bisa terlihat bersih, indah dan rapih. “Kalau penilaian Adipura itu belakangan lah, yang penting mulai lingkungan ini menjadi bersih, dan dengan perlahan masyarakat sadar untuk berprilaku hidup sehat dan bersih,” tuturnya. (Agus/BBC)