Sosialisasi Pembangunan Tahap Pertama, Walikota Luncurkan Program Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan

712
Walikota Cilegon Menyalami Warga Yang Menghadiri Acara Sosialisasi Pembangunan Yang Digelar Pemkot Cilegon
Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi Saat Menyalami Warga Yang Menghadiri Acara Sosialisasi Pembangunan Yang Digelar Pemkot Cilegon

CILEGON, BidikBanten) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menggelar Sosialisasi Pembangunan (Sospem) tahap pertama di Lingkungan Kavling Blok C, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Selasa (01/11/2016). Dalam acara tersebut dihadiri Wakil Walikota Edi Ariadi, Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman, Plt. Sekda Ratu Ati Marliati, Asda I Taufiqurrohman, Asda II Tatang Muftadi, Asda III Sari Suryati, Kepala Dinas/Badan di Lingkungan Pemkot Cilegon, unsur Muspida Kota Cilegon, Camat Jombang Agus Ariyadi, Para lurah se-Kecamatan Jombang, Dirut BUMD Kota Cilegon, Perwakilan BUMN/BUMS dan ribuan masyarakat dari berbagai elemen.

Walikota Cilegon Tb. Iman Ariyadi mengatakan, capaian pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Cilegon dan untuk mengoptimalkan peran Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan, Pemkot Cilegon meluncurkan program Dana Pembangunan Wilayah (DPW) Kelurahan, melalui Peraturan walikota Nomor 34 tahun 2015 tentang DPW Kelurahan. “Perwal ini merupakan respon cepat kami terhadap pasal 230 UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah Kabupaten Kota mengalokasikan anggaran dalam APBD Kabupaten Kota untuk pembangunan sarana dan prasarana local kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan,” katanya.

Iman mengaku, program DPW Kelurahan ini merubah arah kebijakan, dimana inisiatif pembangunan bisa langsung dimulai dari pemerintah kelurahan dan kecamatan. Lebih lanjut, Iman mengharapkan, seluruh masyarakat di masing-masing Kelurahan Se-Kecamatan Jombang dapat terlibat secara aktif dalam program DPW Kelurahan. “Kebutuhan masyarakat yang bisa dipenuhi oleh program DPW Kelurahan sesuai pasal 11 Perwal nomor 34 tahun 2015 adalah kebutuhan pembangunan sarana prasarana lokal kelurahan, dan pembangunan yang mendukung pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Camat Jombang, Agus Ariyadi menuturkan, pembangunan infrastruktur dan program pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Jombang telah teralisasi. “Kita sangat bersyukur program pemberdayaan masyarakat berjalan dengan baik bahkan pembangunan infrastruktur di wilayah Kecamatan Jombang 90 persen dalam kondisi baik, terutama di jalan-jalan utama,” tuturnya. (Red)