Prabowo Tak Percaya Suryadharma Ali Tak Bersalah

543

Bakal calon presiden Prabowo Subianto merasa prihatin setelah Menteri Agama sekaligus Ketua Umum PPP Suryadharma Ali ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Prabowo mengaku tidak percaya Menteri Agama itu menjadi tersangka dalam kasus haji.

“Saya terkejut mendengar berita itu. Secara pribadi, saya tidak percaya bahwa Pak Suryadharma Ali bersalah,” kata Prabowo seusai bertemu dengan Hary Tanoesoedibjo di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (22/5/2014) malam.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu mengatakan, telah mendapat penjelasan secara langsung dari Suryadharma. Penjelasan itulah yang membuatnya yakin bahwa rekan koalisinya itu tidak bersalah. Dengan alasan itulah, Prabowo memastikan posisi PPP dalam barisan partai yang mendukungnya di Pilpres 2014 tidak akan terganggu. “Tapi kan negara hukum, kita hormati, ada praduga tak bersalah,” ujarnya.

Suryadharma diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan atau penyalahgunaan wewenang terkait penyelenggaraan haji di Kementerian Agama tahun anggaran 2012-2013. Akibat perbuatan tersebut, negara diduga mengalami kerugian yang masih dihitung oleh KPK. KPK memastikan penetapan status tersangka pada Suryadharma tak ada kaitannya dengan politik.