Portugal Selamat Dari Kekalahan, Amerika Batal Rayakan Kemenangan

641

Gol telat yang dicetak Silvestre Varela menyelamatkan Portugal dari kekalahan. Selecao das Quinas akhirnya bisa sedikit bernafas lega usai Varela menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada masa perpanjangan waktu lawan Amerika Serikat (AS) di Arena Amazonia, Senin (23/6) pagi WIB.

Memanfaatkan umpan silang Cristiano Ronaldo, Varela dengan sundulannya mampu membuat jutaan pendukung tim Paman Sam batal merayakan kemenangan. Kekalahan di laga perdana Grup G melawan Jerman membuat Portugal menargetkan poin penuh untuk mengamankan peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Berbagai upaya serangan dilakukakan sejak pluit babak pertama dibunyikan. Melalui motor serangan pemain terbaik dunia, Ronaldo, Portugal bermain impresif. Hasilnya sudah terlihat pada menit kelima. Tembakan Nani dari dalam kotak penalti tidak dapat dibendung kiper AS, Tim Howard.

Tersentak gol Nani, AS juga bermain terbuka. Jual beli serangan dilakukan kedua tim, sayangnya pada menit ke-16 Helder Postiga tidak mampu melanjutkan permainan karena terjadi benturan antar pemain. Postiga pun dan digantikan Eder.

Menjelang babak pertama berakhir, Portugal semakin gencar melakukan serangan. Namun, penampilan baik Howard di bawah mistar menggagalkan sejumlah peluang, skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua AS akhirnya berhasil menyamakan kedudukan berkat gol yang diciptakan Jermain Jones di menit ke-64. Tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti memanfaatkan kemelut didepan gawang gagal dihentikan penjaga gawang Portugal, Beto.

Bahkan, AS sukses membalikkan kedudukan atas portugal melalui Dempsey menjelang akhir pertandingan. Gol tersebut tepatnya terjadi pada menit ke-81, Sang Kapten mampu melepaskan diri dari jebakan offside dan dengan dadanya ia mengubah arah bola hasil umpan silang dari sisi kiri.

Dengan hasil imbang 2-2 ini, AS belum dipastikan lolos ke babak 16 besar. Lantaran semua tim yang menghuni Grup G masih mempunyai peluang untuk melaju ke babak selanjutnya.