KPU Cilegon Agendakan Penetapan Helldy-Sanuji Digelar Sabtu

189

HAJI

KPU Kota Cilegon mengagendakan penetapan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih pada Sabtu (23/1) mendatang.

Rencananya, agenda itu akan digelar di Hotel The Royale Krakatau, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon.

KPU Kota Cilegon memastikan jika jumlah orang yang menghadiri agenda tersebut akan dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan dan peraturan KPU.

Komisioner KPU Kota Cilegon, Eli Jumaeli menjelaskan, pembatasan jumlah orang yang bisa menghadiri agenda penetapan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih dibatasi guna mengatisipasi penyebaran Covid-19.

“Itu sudah menjadi keharusan, jadi tidak akan ramai,” ujar Eli kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Kamis (21/1).

Dijelaskan Eli, penetapan hanya akan dihadiri oleh paslon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, perwakilan partai politik, serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cilegon.

Protokol kesehatan pun akan dilakukan secara ketat untuk memastikan rapat penetapan bisa berjalan lancar dan tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Eli bersyukur seluruh tahapan Pilkada Kota Cilegon bisa berjalan dengan lancar meski dilaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Mewakili KPU Kota Cilegon, ia berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu KPU dalam menyelesaikan segala tahapan Pilkada Kota Cilegon.

KPU Kota Cilegon baru bisa memastikan jadwal penetapan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih usai Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan jika tidak ada gugatan hasil pemilihan umum untuk Pilkada Kota Cilegon.

Dengan seperti itu, maka dipastikan pasangan yang akan ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih adalah Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta.

Pasangan yang didukung oleh Partai Berkarya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berhasil unggul dari kandidat lain baik dari jalur parpol maupun jalur perseorangan.

Diketahui, pada Pilkada Kota Cilegon 2020 lalu terdapat empat Paslon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon yang maju.

Paslon nomor urut 01 berasal dari jalur perseorangan yaitu Ali Mujahidin dan Firman Mutakin, Paslon nomor urut 02 adalah Ratu Ati Marliati dan Sokhidin yang diusung oleh Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai NasDem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian Paslon nomor urut 03 adalah Iye Iman Rohiman dan Awab yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat. Sedangkan Helldy dan Sanuji maju sebagai Paslon nomor urut 04. (Bud)