KMP Dharma Rucitra 1, Resmi Beroperasi Di Pelabuhan Merak

3489
IMG_20131018_115436
KMP Dharma Rucitra l, Kapal Berstandar Internasional (foto:ervan)

Cilegon, – KMP Dharma Rucitra l, telah resmi beroperasi dan menempati pelabuhan Merak – Bakauheni pada hari jumat 18 Oktober 2013, usai diresmikanya pada acara peresmian pengoperasian di atas kapal tersebut. Dari pantauan BidikBanten.com Dengan hadirnya KMP Dharma Rucitra l dipelabuhan Merak diharapkan dapat meningkatkan fasilitas transportasi laut di perairan Selat Sunda dan sedikit membantu dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

 

Peresmian KMP Dharma Rucitra l yang diadakan diatas kapal itu juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia,  E.E Mangindaan, Ir. Bambang Harjo Dirut PT. Dharma Lautan Utama (DLU), Ketua Umum DPP LVRI Letjen TNI Purn Rais Abin, Dirjen Perhubungan Darat Drs.Suroyo Alimoeso, Dirjen Perhubungan laut Capt. Bobby Mamahit, Direktur LLASDP Ir.Sudirman Lambali, Dirut PT.ASDP Danang S.Bhaskoro, Ketua YLKI Sudaryatmo SH, ketua dan pengurus DPC Gapasdap Merak-Bakauheni, Komisaris dan Direksi PT.Dharma Lautan Utama, beserta para tamu undangan dan media massa yang terlihat sangat antusias bersemangat dalam acara tersebut.

Dalam sesi sambutan, Ir. Bambang Harjo yang merupakan Direktur Utama (Dirut) PT. Dharma Lautan Utama (DLU) mengatakan, Merak-Bakauheni merupakan lintasan yang berperan strategis secara nasional.

“ Merak dan Bakauheni adalah lintasan yang berperan strategis secara nasional,karena menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera, ” Terang Bambang.

IMG_20131018_095052
Legiun vetaran NKRI Purnawirawan Arie Sudewo Dalam Sambutannya(foto:ervan)

 

Legiun Vetaran Republik Indonesia (LVRI) Purnawirawan Arie Sudewo, yang dalam sambutan juga berharap kedepanya transportasi kapal bertambah maju sesuai dengan moto DLU, we serve the nation, yang bermaksud pengabdian penuh kepada bangsa Indonesia, “ ini merupakan bentuk penghormatan dan saya bangga terhadap perusahaan ini, “ ungkapnya.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dalam sambutanya yang dibacakan oleh  Asda 2 Ir.Husni Hasan mengatakan, pelabuhan Merak adalah perhatian kita semua, karena merupakan jalur lintas laut yang padat, dan ketersedian kapal yang beroperasi di Merak dan Bakauheni, rata-rata sudah tua.

“ Pemerintah provinsi Banten berapresiasi dan sangat berharap akan ada nantinya perusahan- perusahaan seperti DLU, dan diharapkan juga dapat menjadi suatu solusi dalam meningkatkan pelayanan,” kata Husni.

Ditempat yang sama dalam sambutanya Suroyo Alimoeso selaku Direktur Jendral Perhubungan Darat mengatakan, Bahwa mutu pelayanan akan terus ditingkatkan agar terwujudnya pelayanan yang terbaik,  “ kita harus bertindak dan memanjakan masyarakat dalam peningkatan mutu pelayanan, harapaan kita nantinya regulasi operasional yang ada kaitanya dengan Dirjen Perhubunan Laut segera diselesaikan agar sesuai dengan pemerinah dalam mewujudkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” terang Suroyo.

IMG_20131018_091511
KMP Dharma Rucitra l, Siap Berlayar Di Selat Sunda(foto:ervan)

 

Sektor transportasi merupakan infrastruktur yang vital bagi perekonomian suatu negara dan transportasi laut adalah kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia, dilihat dari wilayah Indonesia yang mayoritasnya adalah laut, dan Selat Sunda merupakan jalur lintas laut yang padat.
(Ervan Yuhenda/BBO)