Dirut Krakatau Steel Jalani Tes Akhir Lelang Terbuka Jabatan Ditjen Imigrasi

39

images (8)

Dirut Krakatau Steel, Silmy Karim mengikuti tes akhir kursi panas Dirjen Imigrasi yaitu wawancara. Silmy Karim mengikuti jalannya lelang Dirjen Imigrasi dari unsur swasta.

Dilansir detik.com, berdasarkan jadwal wawancara., Selasa (22/11/2022).

Berikut jadwal peserta wawancara hari ini dari unsur non-PNS

1. Silmy Karim

2. Dorry Sonata

3. Leonardo Sipayung

4. Denny Iskandar

5. Adhi Sri Kuncoro Harimawan

6. James Willem Victor Woisiri

7. Titiek Susiana

8. Budi Purwanto

9. M Sharif Abdul Rahman

10. Berman Agust Budiman Siregar

Jadwal wawancara Rabu (23/11) esok akan dipadatkan hari ini, yaitu:

1. M Rahmad

2. Jaya Santoso

3. Andi Syafrani

4. Budi Aryanto

5. Heru Kustiyono

6. Uyan Setiawan Askam

7. Antonius Krismawan

“Keputusan Panitia Seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat,” demikian bunyi pengumuman yang ditandatangani Pansel Komjen Pol Andap Budhi Revianto.

Untuk diketahui, Silmy Karim, kariernya seperti Dirut Pindad dan Dirut PT Barata Indonesia hingga akhirnya menjadi Dirut Krakatau Steel.

Saat menjabat Dirut Krakatau Steel itu, nama Silmy Karim sempat ramai gara-gara diusir DPR dari rapat Komisi VII DPR pada Februari 2022. Awal mula perkara terjadi saat Silmy terlibat perdebatan dengan pimpinan rapat yang sekaligus Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Haryadi. Perdebatan Silmy Karim dengan anggota dewan terjadi ketika pimpinan rapat mengomentari pabrik baja blast furnace yang mangkrak kepada Silmy Karim.

“Pabrik blast furnace dihentikan tapi satu sisi ingin memperkuat produksi dalam negeri, ini jangan maling teriak maling,” ujar Bambang Haryadi.

Kemudian Silmy Karim mempertanyakan pernyataan siapa yang disebut ‘maling’ oleh Bambang Haryadi. Sontak keduanya terlibat perdebatan yang berakhir dengan diusirnya Silmy Karim dari ruang rapat Komisi VII DPR RI oleh Bambang Haryadi.

Dalam lelang terbuka Dirjen Imigrasi ini, dikejutkan dengan mundurnya Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahajana dari bursa kursi panas Dirjen Imigrasi. Widodo mundur di saat banyak apresiasi positif terhadap kinerja Ditjen Imigrasi dua bulan terakhir. Ada apa?

Widodo hanya berujar pendek dalam suratnya: “Pengunduran diri ini dilakukan atas dasar kesadaran diri dan pertimbangan pribadi, Semoga akan lahir pemimpin baru di Ditjen Imigrasi yang dapat membawa perubahan Imigrasi ke arah yang lebih baik,”

Untuk diketahui, Widodo memoleh Imigrasi melesat cepat dalam bulan-bulan terakhir. Seperti memperpanjang masa berlaku paspor dari 5 tahun menjadi 10 tahun, kebijakan debirokratisasi untuk menyederhanakan layanan izin tinggal dari 14 hari menjadi 1 hari hingga 3 hari.

Widodo juga menorehkan sejarah dengan menembus PNBP Imigrasi di atas Rp 3,6 triliun pada Januari-pertengahan November 2022. Dan ditargetkan di akhir tahun di atas Rp 4 triliiun. Belum lagi saat G20, seluruh staf Ditjen Imigrasi ikut mensukseskan gelaran akbar itu. **