Akibat Pengerukan Pasir di Lingkar Selatan Membuat Warga Sekitar Resah

1029

jalan curamBanten tak hanya terkenal dengan ‘Jembatan Indiana Jones.’ Ada juga jalanan yang bisa membuat ciut nyali pengendara.

Jalanan selebar 2,5 meter di tengah jurang sedalam 10 meter itu berada di Kampung Cirenong, Desa Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon. Jalan tersebut membuat warga sekitar malah merasa khawatir dan takut.

Pengerukan pasir di sepanjang jalan tersebut membuat akses jalan dari JLS menuju Kampung Cirenong menjadi terjal dan berada di bibir jurang dengan kedalaman 10 meter.

Wedi, embokan tibe neng esor (takut, khawatir jatuh ke bawah),” kata nenek tua, Jubaidah, yang rumahnya tak jauh dengan jalan curam, Selasa (11/11/2014).

Jalanan selebar 2,5 meter tersebut berdiri menakutkan di antara tebing-tebing bekas galian pasir. Jalanan tersebut sepanjang 100 meter beralaskan paving block.

Sedangkan menurut Inayah, siswa kelas 2 SMP, dirinya merasa takut kalau jatuh, terlebih di musim hujan saat jalanan licin.

“Takut kepeleset terus jatuh ke bawah, soalnya tiap hari diantar naik sepeda motor,” kata Inayah.

Menurut penuturan warga, kondisi jalan ini sudah berjalan selama hampir 3 tahun lamanya. Selama itu pula warga harus merasa takut jika melewati jalan curam tersebut. “Khawatir saja kalau anak-anak main di sini, terus jatuh ke bawah,” ucap Maesaroh, warga Cilegon, Banten.

(Yandhi)

Liputan6.com