Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia Usai Kalahkan Nepal 7-0

216
Pelatih tm Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-Yong
Pelatih tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-Yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyebut lolosnya skuad Garuda ke Piala Asia 2023 sudah sesuai rencananya. Tim Merah Putih mampu mengalahkan Kuwait dan Nepal dalam prosesnya.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dengan status runner-up Grup A dengan koleksi enam poin dan selisih gol +7 hasil dari dua kemenangan dan satu kekalahan.

Kemenangan diraih timnas Indonesia atas Kuwait 2-1 di matchday pertama dan laga terakhir kontra Nepal (7-0). Sementara satu kekalahan didapat ketika lawan Yordania (0-1).

Menurut Shin Tae-yong, hasil yang diraih timnas Indonesia sedikit banyak sudah sesuai dengan strategi dan rencananya. Hanya lawan Yordania yang sedikit meleset karena harus kalah alih-alih imbang seperti yang ditargetkan.

“Sebelum kami berangkat ke Kuwait, ada rencana yakni kami harus menang dua kali dan sekali imbang. Kami mengincar imbang kontra Yordania,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca laga, Rabu (15/6/2022).

Menurut Shin Tae-yong laga pertama kontra Kuwait sangatlah penting. Dia pun bersyukur Witan Sulaeman dan kawan-kawan bisa menjalankan instruksinya dengan sangat baik hingga menang 2-1.

“Saya tahu sangat penting, kami melakukan yang terbaik ketika partai pertama dalam turnamen seperti ini. Ketika melawan Kuwait, saya pikir anak-anak sudah melakukan yang terbaik,” tutur Shin.

Kemenangan di partai pembuka itu selain mendongrak semangat timnas Indonesia, juga memberikan tekanan tersendiri bagi tim-tim lain di Grup A.

Menurut Shin Tae-yong, kemenangan atas Kuwait menjadi salah satu kunci laju mulus timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 ini.

“Karena pertandingan pertama kami sangat baik, sisa dua laga berjalan lebih mulus. Kami lolos ke Piala Asia, semuanya sudah sesuai rencana,” pungkas Shin.

Timnas Indonesia berhak lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur lima runner-up terbaik setelah membantai Nepal 7-0 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait.

Dengan koleksi enam poin dan +7 selisih gol, timnas Indonesia finis kedua di klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia cuma kalah dari Kyrgyzstan yang memuncaki klasemen runner-up terbaik dengan koleksi tujuh poin.

Hasil itu membuat pasukan Shin Tae-yong mengakhiri kualifikasi Piala Asia ini ini sebagai wakil Asia Tenggara (AFF) terbaik.

Di klasemen akhir runner-up terbaik, timnas Indonesia lebih baik dari tiga wakil Asia Tenggara lainnya yakni Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Timnas Malaysia finis ketiga dengan koleksi enam poin +4 selisih gol diikuti Thailand dengan enam poin +3 gol.

Sementara Filipina harus rela tersingkir karena berada di posisi keenam klasemen runner-up terbaik karena cuma mengoleksi empat poin dan -3 selisih gol.

Hasil ini membuat timnas Indonesia mencatatkan sejarah. Untuk kali pertama dalam 16 tahun atau sejak 2007, skuad Garuda akhirnya mampu kembali ke panggung Asia. (Red)