Pohon Tumbang Mulai Meresahkan, Polres Cilegon Akan Surati Dinas Terkait

1064
Sebuah Pohon Besar Tumbang Menghalangi Badan Jalan Di Perempatan Lampu Merah ADB Kota Cilegon Setelah Dihempas Angin Kencang. (Foto, BidikBanten)
Sebuah Pohon Besar Tumbang Menghalangi Badan Jalan Di Perempatan Lampu Merah ADB Kota Cilegon Setelah Dihempas Angin Kencang. (Foto, BidikBanten)

CILEGON, (BidikBanten) – Fenomena hujan lebat dan angin besar, membuat beberapa pengguna jalan resah. Pasalnya, beberapa pohon besar dan tua, terdapat dibeberapa titik jalan protokol Merak-Cilegon. Seperti yang terjadi di dekat persimpangan ADB Sumampir, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, sebuah pohon besar, terlihat tercabut dari akar, dan mengkhawatirkan para pengguna jalan.

Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP. Fikri Ardiansyah yang ditemui dilokasi, Senin (05/12/2016) mengatakan, bahwa pohon tumbang di Simpang ADB tersebut, terjadi sekitat pukul 16.00 wib, berdasarkan laporan dari petugas yang melintas. “Ya, kami hanya bertugas merekayasa lalu lintas saja. Untuk yang dari arah Merak, kami arahkan ke kawasan Krakatau Junction. Dan pohon tumbang ini, kami dapat informasi dari petugas yang melintas, saat mendapatkan laporan tersebut, langsung kami informasikan tim evakuasi, untuk segera membereskan,” katanya

Fikri menegaskan, pihaknya akan memberikan surat edaran, kepada dinas-dinas terkait, untuk segera melakukan perawatan terhadap kondisi pepohonan yang sudah dirasa mulai lapuk. “Kami akan mengirimi surat kepada instansi terkait, agar mereka melakukan perawatan terhadap pohon-pohon yang sudah tua, karena kondisi pohon tumbang ini, sangat mengganggu pengguna jalan,” tegasnya.

Ditempat lain, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, Purwadi menyatakan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cilegon, untuk bersiap-siap, menghadapi fenomena yang sedang terjadi. “Kami sudah berulang kali mengadakan pertemuan dengan DKP, agar mereka segera melakukan persiapan, khususnya kepada perawatan pohon-pohon yang sudah tua,” kata Purwadi saat dihubungi lewat telepon genggamnya.

Purwadi menambahkan, pihaknya siap bergerak, sesaat menerima laporan warga, apabila terjadi hal serupa, guna menghindari bencana yang memakan korban jiwa. Purwadi mengatakan, insiden pohon tumbang yang terjadi di Simpang ADB, tidak terdapat korban jiwa. “Tim kami sudah ke lokasi, dan berdasarkan laporan, tidak ada korban jiwa di lokasi kejadian,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala DKP Kota Cilegon, Ujang Iing menuturkan, saat ini DKP sudah menyiapkan tim dengan mobilitas dan personil serta perlengkapan yang memadai dan cukup, guna mengantisipasi kejadian serupa. “DKP sudah menyiapkan tim dengan mobilitas dan perlengkapan yamg cukup,” kata Ujang lewat pesan singkatnya. (Mg01)