Langkah Jerman ke 16 Besar Tertunda

668

panserJerman terpaksa menunda peluangnya untuk melaju ke babak 16 besar setelah dipaksa bermain imbang 2-2 melawan Ghana di Estadio Castelao, Fortaleza, Ahad (22/6) dini hari WIB.

Dengan tambahan satu angka ini, skuat der Panzer baru mengantungi empat angka dari dua penampilannya pada penyisihan Grup G Piala Dunia. Koleksi angka tersebut sudah cukup membuat Jerman bertahan sebagai pemuncak klasemen.

Sebaliknya Ghana juga membuka peluangnya untuk tetap bertahan di Piala Dunia dengan raihan satu angka dari laga melawan Jerman ini. Hasil ini sekaligus juga membuat peluang semua tim di grup ini masih terbuka semua.

Dalam pertandingan ini, kedua tim tak mampu berbuat banyak sepanjang laga babak pertama. Selama 45 menit pertama itu, kedua tim hanya mampu membuat peluang tanpa ada yang mampu mencetak gol. Hingga jeda turun minum, skor imbang tanpa gol tidak ada berubah.

Namun memasuki babak kedua, situasi mulai berubah. Jerman membuka keunggulannya lebih awal lewat gol yang dicetak oleh Mario Götze. Gotze berhasil memecahkan kebuntuan saat laga babak kedua baru berjalan enam menit.

Setelah gol itu, tensi permainan semakin meningkat. Aksi saling berbalas gol mulai terjadi. Ghana kemudian berhasil membalasnya melalui bola dari sundulan kepala André Ayew. gol itu tercipta hanya berselang tiga menit dari gol Gotze. Dengan gol yang dicetak Ayew tersebut, skor pun berubah menjadi 1-1.

Selanjutnya pertandingan semakin berjalan lebih atraktif. Jerman berupaya menekan. Tapi Ghana justru lebih lihai mencuri gol lebih dulu. Memasuki menit ke-63, Asamoah Gyan berhasil membawa keunggulan buat Ghana. Asamoah berhasil merobek gawang Jerman setelah berhasil memaksimal umpan dari Sulley Muntari.

Tapi Jerman dengan kualitas pemain berstandar tinggi berhasil membalasnya. Gol ini dicetak oleh striker tim nasional Jerman, Miroslave Klose, pada menit ke-71. Gol Klose ini sekaligus menyejajarkan namanya bersama striker Brasil, Ronaldo, sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dengan pembukuan 15 gol.

Gol dari Klose ini sekaligus menjadi penutup aksi berbalas gol dari kedua tim. Meski sejumlah peluang sempat tercipta namun hingga peluit panjang ditiup peluit, skor imbang 2-2 tetap tidak berubah.

Pada laga pamungkas Grup G, Ghana bakal berhadapan dengan Portugal. Sedangkan Jerman harus berjuang memastikan tiket ke babak 16 besar dengan meladeni Amerika Serikat.

Susunan Pemain
GHANA :
Dauda, Gyan, Atsu (Wakaso 72′), Boateng (Ayew 54′), A Ayew, Muntari, Rabiu (Badu 78′), Mensah, Asamoah, Boye, Afful.

JERMAN: Neuer; Howedes, Hummels, Boateng (Mustafi 46′), Mertesacker; Lahm, Khedira (Schweinsteiger 70′), Ozil, Kroos, Gotze (Klose 69′); Muller. Rol