Kumpulkan 31 Gol, Ronaldo Raih Sepatu Emas

694

Cristiano Ronaldo tidak bermain pada pertandingan terakhir Primera Division karena mengalami masalah pada otot saat pemanasan jelang Real Madrid melawan Espanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu (17/5/2014). Mantan pemain Manchester United ini pun tak bisa menambah jumlah golnya.

Meski demikian, Ronaldo tetap menyandang predikat top scorer Liga Spanyol alias el pichichi, dengan torehan 31 gol. Penyerang asal Potugal ini pun berhak atas penghargaan sepatu emas, yang membuatnya sejajar dengan Lionel Messi, karena sudah tiga kali menyabet penghargaan tersebut.

Namun untuk kali ini, Ronaldo harus berbagi sepatu emas tersebut dengan penyerang Liverpool asal Uruguay, Luis Suarez, yang juga mengoleksi jumlah gol tersebut. Mereka sama-sama menjadi top scorer Eropa.

Mengenai hal tersebut (berbagi sepatu emas) bukan merupakan hal baru karena sebelumnya pun sudah pernah terjadi. Pada tahun 1990, Hugo Sanchez dan Hristo Stoichkov sama-sama menjadi pencetak gol terbanyak Eropa dengan torehan 38 gol. Kejadian serupa juga pernah terjadi pada tahun 2005, ketika Thierry Henry dan Diego Forlan mencetak 25 gol.

Sebenarnya, Lionel Messi punya peluang untuk menyamai perolehan gol Ronaldo dan Suarez, sehingga mereka sama-sama menjadi top scorer. Sayang, Messi tak bisa berkutik ketika Barcelona menjamu Atletico Madrid di Camp Nou.

Alih-alih mencetak hat-trick untuk mengejar gol Ronaldo, Messi bahkan tak mampu menjebol gawang lawan, yang sekaligus memupus asa Barca untuk mempertahankan gelar Primera Division yang akhirnya jatuh ke tangan Atletico lantaran pertandingan berakhir imbang 1-1.