Costa Rika Permalukan Uruguay 3-1

599

Kejutan terjadi di laga pembuka penyisihan Grup D, Minggu 15 Juni 2014 dini hari WIB. Uruguay dipermalukan Kosta Rika dengan skor 1-3.

Uruguay sempat mencuri gol pada menit ke-15 lewat sontekan Diego Godin. Sayang gol ini dianulir karena bek Uruguay itu sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.
Petaka bagi Kosta Rika terjadi pada menit ke-23. Pelanggaran Junior Diaz terhadap Diego Lugano berbuah penalti. Cavani yang jadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan emas ini.
Pada menit ke-50, Kosta Rika punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Bola sundulan Oscar Duarte mengarah tepat ke gawang Uruguay. Namun, kiper Fernando Muslera berada di posisi yang tepat untuk mementahkan peluang Kosta Rika.
Upaya Kosta Rika untuk mencetak gol penyama akhirnya tercipta pada menit ke-54. Joel Campbell membuat gol indah lewat sepakan keras kaki kirinya. Muslera hanya terpaku melihat bola menerobos masuk ke gawangnya.
Tak lama berselang, Kosta Rika membuat pendukung Uruguay terdiam. Wakil CONCACAF itu berbalik unggul lewat gol sundulan Duarte menyambut bola dari tendangan bebas Christian Bolanos. Lagi-lagi, Muslera dibuat tak berdaya.
Para pemain Uruguay dibuat frustasi oleh disiplinnya pertahanan Kosta Rika. Sial bagi Uruguay, Kosta Rika justru mampu mencetak gol ketiga pada menit ke-85.
Umpan terobosan dari Campbell mampu diteruskan dengan baik oleh pemain pengganti, Marcos Urena. Sodoran bola dari kaki kanannya tak mampu dibendung oleh Muslera. Ini menjadi gol penutup pesta Kosta Rika.
Keterpurukan Uruguay tambah lengkap setelah Maximiliano Pereira diganjar kartu merah karena mengasari Campbell pada masa injury time. Ini menjadi kartu merah pertama di Piala Dunia 2014.
Susunan pemain
 
Uruguay: Fernando Muslera, Diego Lugano (c), Diego Godin, Maximiliano Pereira, Martin Caceres, Walter Gargano (Alvaro Gonzalez 60), Cristian Rodriguez(Abel Hernandez 76), Cristian Stuani, Egidio Arevalo, Diego Forlan (Nicolas Lodeiro 60), Edison Cavani
Kosta Rika: Keylor Navas, Giancarlo Gonzalez, Michael Umana, Oscar Duarte, Celso Borges, Christian Bolanos (Michael Barrantes 88), Junior Díaz, Christian Gamboa, Yeltsin Tejeda (Jose Cubero 74), Joel Campbell, Bryan Ruiz (c) (Marcos Urena 83)