Brasil Depak Chile lewat Adu Pinalti

769

Brasil melangkah ke perempatfinal Piala Dunia 2014 usai menundukkan Chile lewat drama adu penalti 3-2 setelah bermain imbang 1-1 sampai perpanjangan waktu berakhir. Dalam laga yang digelar di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, dua gol tercipta di babak pertama, Brasil memimpin lebih dulu lewat David Luiz pada menit ke-18,  sebelum disamakan Alexis Sanchez pada menit ke-32.

Neymar sendiri pada pertandingan 16 besar ini menjadi pahlawan kemenangan, sebab, menjadi algojo penalti kelima, dia mampu menuntaskan tugasnya. Kiper Brasil, Julio Cesar juga gemilang dengan menahan dua dari tiga tendangan penalti Chile yang gagal.

Sejak babak perpanjangan waktu dimulai, Brasil menunjukkan determinasi dengan terus menekan. Namun, pertahanan Chile ternyata masih sulit untuk ditembus oleh anak-anak asuhan Luiz Felipe Scolari.

Serangan Brasil nyaris berbuah pada menit ke-101, sayang sundulan Oscar dos Santos masih bisa dibendung Claudio Bravo. Dua menit berselang, tendangan keras Hulk juga masih bisa dihalau oleh Bravo.

Kedua tim tampak mulai kelelahan dengan mengendurnya serangan. Hingga 15 menit pertama babak perpanjangan waktu, tak ada gol yang tercipta, skor masih 1-1.

Pada babak perpanjang waktu kedua, Brasil juga mendominasi permainan, tapi Selecao tampaknya bermasalah dengan penyelesaian akhir. Para pemain belakang Chile tampil mati-matian mempertahankan gawang mereka.

Jelang perpanjangan waktu berakhir, Chile memperoleh peluang Mauricio Pinilla, sayang tendangannya mengenai mistar gawang. Semenit kemudian, giliran Brasil punya kans, namun sepakan Ramires melenceng tipis dari gawang Chile. Hingga waktu habis, skor 1-1 tak berubah dan dilanjutkan dengan adu penalti.

Brasil mendapat kesempatan mengambil penalti lebih dulu yang diambil David Luiz, yang mampu menuntaskan tugasnya dengan baik. Sayangnya, tiga penendang penalti Chile harus gagal menjalankan tugasnya berkat penampilan cemerlang Julio Cesar di bawah mistar.

Sementara tiga eksekutor Selecao sukses menjaringkan gol lewat penalti, hanya Willian dan Hulk yang gagal. Tiga pemain Chile yang gagal menuntaskan tugasnya adalah Mauricio Pinilla, Alexis Sanchez, dan Gonzalo Jara. Dengan demikian, Brasil menang 3-2 atas Chile lewat drama adu penalti.

Penendang penalti Brasil
David Luiz = Gol, Willian = Gagal, Marcelo = Gol, Hulk = Gagal, Neymar = Gol

Penendang penalti Chile
Mauricio Pinilla = Gagal, Alexis Sanchez = Gagal, Charles Aranguiz = Gol, Marcelo Diaz = Gol, Gonzalo Jara = Gagal

Susunan pemain kedua tim:

Brasil: Julio Cesar, Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Fernandinho (Ramires 72), Luiz Gustavo, Oscar dos Santos (Willian 106), Hulk, Fred (Jo 64), Neymar.

Chile: Claudio Bravo, Eugenio Mena, Marcelo Diaz, Gary Medel (Jose Rojas 107), Francisco Silva, Gonzalo Jara, Mauricio Isla, Arturo Vidal (Mauricio Pinilla 87), Charles Aranguiz, Eduardo Vargas (Felipe Gutiérrez 57), Alexis Sanchez.