Bila Tak Mau Tersingkir, Spanyol Harus Menang Lawan Cile

576

Pemain belakang Spanyol, Jordi Alba, mendorong rekan-rekannya agar bermain habis-habisan ketika bertemu Cile pada laga kedua penyisihan Grup B Piala Dunia 2014 pada 18 Juni mendatang. Pasalnya, hanya kemenangan yang bisa membantu La Furia Roja untuk tetap merajut asa mempertahankan gelar juara dunia.

Spanyol mengawali turnamen empat tahunan ini dengan hasil yang sangat memprihatinkan. Melawan Belanda, yang ditaklukkan di final Piala Dunia empat tahun silam, Jumat (13/6/2014) waktu setempat atau Sabtu (14/6) dini hari WIB, El Matador menyerah 1-5.

Kekalahan telak itu membuat Spanyol menempati posisi juru kunci. Karenanya, pasukan Vicente del Bosque ini tak punya pilihan selain menang ketika melawan Cile, yang meraih kemenangan 3-1 atas Australia.

Sadar akan hal tersebut, Alba mendorong rekan-rekannya untuk bangkit dari keterpurukan. Pertandingan melawan Cile sangat menentukan nasib mereka, apakah langsung tersingkir di fase grup, atau masih berpeluang lolos ke babak 16 besar.

“Kami harus habis-habisan saat melawan Cile,” ujar bek Barcelona ini dalam jumpa pers. “Tim lebih bersatu dibandingkan dari sebelumnya.”

“Kami kebobolan beberapa gol bodoh, tetapi kami harus belajar dari semua itu. Kondisinya tak bisa jadi alasan.”