Belgia Tundukkan Aljazair

618

Comeback cemerlang berhasil dilakukan Belgia di laga perdana penyisihan grup H Piala Dunia 2014, Selasa 16 Juni 2014. Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, Rode Duivels akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

Tampil di Estádio Mineirão, Belo Horizonte, Belgia dikejutkan gol penalti Sofiane Feghouli pada menit 25. Penalti diberikan wasit Marco Rodriguez setelah Jan Vertonghen menjatuhkan Sofiane Feghouli di kotak terlarang.

Feghouli sendiri yang maju sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Winger Valencia memperdaya kiper Belgia, Thibaut Courtois. Ini menjadi gol Aljazair sejak Djamel Zidane mencetak gol pada 3 Juni 1986.

Di babak kedua, generasi emas Belgia terus melancarkan tekanan. Belgia mendapatkan peluang pada menit 50. Dries Mertens memberikan bola pada Witsel yang tak terkawal. Namun, sundulan pemain Zenit St Petersburg ini masih melebar.

Gol yang ditunggu-tunggu Belgia akhirnya hadir pada menit 70. Sundulan pemain Manchester United, Marouane Fellaini gagal dibendung kiper Aljazair, Rais M.Bohli.

Dries Mertens menjadi penentu kemenangan Belgia lewat golnya pada menit 80. Striker Napoli ini melepaskan tendangan ke tiang dekat setelah menerima umpan matang dari Eden Hazard.

Kemenangan 2-1 untuk Belgia tak berubah hingga akhir laga. Hasil ini menempatkan tim besutan Marc Wilmots di puncak klasemen grup H dengan 3 poin. Semenara itu, Aljazair masih tanpa poin.