Sampah Menggunung di Parung Kota Serang, Diduga Banyak Pejabat Tutup Mata

168

Serang – Sampah menggunung di Parung kesannya pejabat dewan tutup mata sudah jelas UU no.18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah pada 03 januari 2024 .

Sampah menggunung di Parung RT 02 RW 04 Kelurahan Panancangan kota Serang, Banten, “Seharusnya sampah tersebut dikelola dengan baik agar tidak berimbas ke kesehatan masyarakat , dan agar tidak mengakibatkan banjir. kita harus menyelesaikan permasalahan sampah jangan sampai karna sampah masyarakatnya pada sakit karna situasi ditempat sampah tersebut tidak tertata rapih karna tidak adanya bak penampung sampah ,dan mengakibatkan sampah acak – acakan terkesannya jorok dan kalau keadaan seperti itu lama kelamaan akan mengakibatkan banjir karna saluran air irigasi akan tertutup sampah yang”ujar Sopyan dari  LSM Jalak Banten perwakilan Kota Serang, Rabu (3/1/2023).

Supandi, ketua Rt.02 lingkungan terdekat mengaku sudah berusaha mengajukan supaya diberikan bak sampah dari kelurahan sampai ke Dinas LH Lingkungan Hidup kota Serang. “Tapi belum ada penyelesaian agar diberikan bak sampah atau bak mobil sementara” ujarnya.

Hasanudin, ketua RW 04 lingkungan setempat jug sudah menjalankan aspirasi masyarakat agar permasalahan sampah tersebut selesai dan ada solusinya. “Beberapa bulan kemarin sudah ada usaha dari kelurahan dan LH Kota Serang, tapi itu sifatnya sementara untuk mengangkut dan tidak sampai terangkut semua dikarenakan keadaan sampah tersebut sudah terlalu lama sehingga sudah menjadi tanah di akibatkan sampah tersebu dibakar” paparnya.

Masni, seorang tukang sampah dari Parung mengungkapkan, dirinya setiap hari mengambil sampah dari warga parung dan di buang ditempat sampah tersebut merasa risih dan agak jijik karena diperhatikan lama kelamaan sampah tersebut menggunung.”Karna tidak ada bak penampung sehingga tidak cepat – cepat dibuang di TPSA Cilowong” bebernya.

Bahkan salah satu warga mengungkapkan dengan nada cetus, sampah di angkut cuma sedikit itu juga ada biayanya. *Coba tuh di Parung, kan ada dewan tuh, dari Provinsi dan Kabupaten, sekarang kan mau nyalon lagi coba tuh mudah- mudahan terketuk hatinya untuk menyelesaikan permasalahan sampah agar di Parung bebas dari sampah. Agar pengelolaan sampah warga tersebut berjalan sebagaimana mestinya, coba tuh caleg yang masuk ke Parung mudah- mudahan ada bantuan solusi pembuangan sampah tersebut agar kota  Serang menjadi maju dan masyarakatnya sehat”pungkasnya.

Liputan: Romi