Ratusan Angkot Demo, Penumpang Terlantar

4557

Ratusan angkot trayek Cilegon – Merak dan Cilegon – Anyer  melakukan aksi unjuk rasa dengan memarkirkan angkot mereka di depan kantor Walikota dan Polres Cilegon, Kamis (6/3/2014), mereka menuntut perubahan warna cat trayek angkot Merak – Salira dan trayek Anyer – Labuan. Mereka juga mendesak Pemkot Cilegon untuk segera bertindak atas janji Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten dan Dishub Kabupaten Serang yang katanya akan menertibkan trayek angkot luar daerah agar tidak masuk lagi ke wilayah Cilegon.

“Kami mohon kepada Pak Wali untuk menyatakan sikap tegas Pemkot dan menagih janji itu ke Dishub Provinsi,” ujar Rustam, koordinator aksi  di hadapan Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi.

Akibat yang ditimbulkan dari aksi para sopir angkot tersebut banyak  penumpang  angkot di Kota Cilegon yang telantar. seperti  yusrizal contohnya, Siswa sebuah SMP di Cilegon ini mengaku merasa kaget lantaran dirinya tiba-tiba diturunkan dipinggir jalan, sopir angkot beralasan mau mengikuti unjuk rasa. “tiba-tiba saya diturunkan aja dipinggir jalan, tidak sampai tujuan” keluhnya.

Akhirnya, siswa tersebut terpaksa menghubungi keluarganya untuk segera menjemput karena tidak ada satupun angkot yang beroperasi.

Lain lagi yang dialami Romlah (35th) wanita yang tengah hamil itu terpaksa berjalan kaki menuju rumahnya lantaran dirinya diturunkan secara paksa oleh sopir angkot yang dipaksa oleh teman-temanya untuk mengikuti aksi unjuk rasa itu, “Saya kaget mas, waktu di angkot tadi dikejar-kejar sama sopir lainnya, katanya sih mau demo”ujarnya.”Harus bagaimana lagi, terpaksalah kita ikut aksi juga sesama kawan,” kata Didin, sopir angkot yang mengaku tidak berdaya ketika angkot yang tengah dikemudikannya dipaksa menurunkan penumpangnya oleh rombongan sopir yang tengah melakukan aksi mogok.
Aksi para sopir angkot Cilegon yang memarkir angkot mereka disepanjang jalur kantor Walikota dan Polres Cilegon ini tak pelak bukan hanya menelantarkan para penumpang yang dipaksa diturunkan dipinggir jalan tapi juga membuat jalan dijalur tersebut macet total sehingga arah jalan dialihkan hingga berlangsung sore hari. (Nanang/BBO)