Pabrik Pipa Milik PT Krakatau Steel Bermesin Cina

4090

Badan usaha milik KrakatauSteel_0Negara PT Krakatau Steel Tbk melalui anak usahanya, PT KHI Pipe Industries, telah menyelesaikan pembangunan fasilitas produksi pipa electric resistent welding #2 (ERW). Kapasitas PT KHI Pipe Industries pun bertambah 115 ribu ton, menjadi 233 ribu ton per tahun.

Direktur Utama PT KHI Pipe Industries Purwono Widodo mengatakan, ekspansi ERW #2 dilakukan untuk mengantisipasi potensi pasar pipa ERW yang terus berkembang, terutama pada sektor minya dan gas. “Melalui pengembangan ERW#2, PT KHI membidik potensi pasar pipa ERW, terutama pada sektor migas, yang terus berkembang, dengan peluang pasar pipa berdiameter 14 inci sampai 20 inci, yang saat ini hanya bisa dipasok oleh satu pabrikan pipa,” ujar Purwono dalam siaran pers, Selasa (14/10).

Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk Irvan K Hakim mengatakan, pembangunan fasilitas produksi pipa ERW #2 PT KHI Pipe Industries merupakan bagian dari upaya pengembangan Grup Krakatau Steel. “Kami bersyukur, PT KHI Pipe Industries sebagai salah satu perusahaan pipa yang sudah berpengalaman dan menjadi salah satu anak perusahaan yang menyerap dan mengolah serta meningkatkan nilai tambah pelat baja HRC produk KS, telah mampu menghasilkan produksi perdana ERW #2,”  ungkap Irvan.

Irvan mengungkapkan, penambahan fasilitas produksi ERW#2 ini tahap awal akan mampu menyerap kurang lebih 50 ribu ton produk HRC PT Krakatau Steel Tbk. Bila telah beroperasi secara lancar, penyerapannya bisa mencapai kurang-lebih 120 ribu ton.

​Pabrik ERW#2 dibangun di area seluas 7 hektare, terdiri atas bangunan pabrik seluas 5 hektare dan area penyimpanan seluas 2 hektare. Pembangunan pabrik dibiayai dari pinjaman kredit Bank BRI dan setoran modal PT Krakatau Steel Tbk dan PT KHI. Mesin utama pembuat pipa berasal dari Dalian Sage Ltd Cina, sedangkan untuk fasilitas pendukung dibeli dari pabrikan-pabrikan lokal.

Dengan adanya ekspansi ERW #2, PT KHI meningkatkan product range pipa HFRW menjadi sampai dengan diameter 20 inci.

​PT KHI Pipe Industries memfokuskan ERW 20 inci guna melayani pasar pipa ERW dengan diameter 10 inci sampai 20 inci, sedangkan ERW 12 inci melayani pasar pipa dengan range diameter 4 inci sampai 12 inci. Selain itu, pasar pipa ERW berdiameter 10 inci sampai 12 inci akan dijadikan peluang sebagai base load ERW KHI karena bisa simultan dilayani ERW #1 dan ERW #2.

​Saat ini, produk eksisting yang dihasilkan PT KHI adalah pipa spiral dengan range diameter 12 inci sampai 80 inci, pipa HFRW dengan range diameter 4 inci  sampai 12 inci, dan jasa coating dengan kapasitas mesin 800.000 meter persegi.

(asatunews.com)