Masyarakat Taman Cilegon Pertanyakan Hasil Uji Lab BLH

713

Masyarakat yang tinggal di Taman Cilegon Indah (TCI) mempertanyakan hasil uji lab yang sudah dilakukan Badan Lingkungan Hidup Pemkot Cilegon terkait limbah di wilayah mereka. BLH diminta untuk mempublikasikan hasil uji lab serta jenis limbah tersebut

.
Ketua RT 06/05, Agus Rahmat yang dihubungi, Kamis (15/10) mengatakan, pihaknya dan masyarakat yang terkena dampak bau limbah ingin mengetahui hasil uji lab. “Setelah sekian lama dikeluhkan, BLH belum juga menyampaikan hasil uji lab itu ke kami yang terkena dampak, padahal pencemaran limbah di lingkungan kita sudah hampir dua bulan, kok belum juga keluar hasil uji lab nya” katanya.

Dia mengungkapkan, bau limbah yang ada dekat sekolah SD Al-Azhar Bosowa dan masyarakat Taman Cilegon Indah belum diketahui hasilnya. Padahal, bau tersebut menimbulkan bau busuk. Bahkan sekolah sempat meliburkan siswa sekolah karena bau yang ditimbulkan.

Untuk itu, kata Agus, pihaknya berharap agar pemerintah Cilegon dalam hal ini BLHD menyampaikan hasil uji lab. “Kemudian tindakan yang dilakukan oleh BLHd atas bau limbah itu seperti apa,” katanya.

Menurutnya, setelah ada hasil, seharusnya ada penyampaian kepada masyarakat. Dengan begitu, ada tindakan terhadap perusahaan yang telah membuang limbah tersebut. Dia mengatakan, masyarakat menanti hasil uji lab tersebut. Jangan sampai, kasus bau limbah tersebut terhenti tanpa ada tindakan lebih lanjut oleh BLHD.


Terpisah, Lurah Kelurahan Sukmajaya, Ade Rizky mengatakan, pihaknya belum mengetahui hasil uji lab. Bila memang sudah ada, sebaiknya dikabarkan kepada masyarakat. “Kan masyarakat setempat juga berhak tahu bagaimana tindak lanjut dan hasil uji lab,” katanya. Bila ada masyarakat yang mempertanyakan, ungkap dia, pihaknya bisa menyampaikan hasil uji lab tersebut kepada masyarakat.

Reportase: A Fernando