LDK Kepala Desa Kabupaten Tangerang Jadi Contoh Nasional

172

IMG-20220302-WA0297

KABUPATEN SERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi Kepala Desa Se- Kabupaten Tangerang pada gelombang kesatu yang diikuti Sebanyak 85 Kepala Desa, kegiatan tersebut dilaksanakan di Pusdik Infanteri Cimahi – Bandung Jawa Barat selama 12 hari dari Tanggal 28 Februari 2022 sampai dengan Tanggal 4 Maret 2022. Adapun Tema yang diangkat yaitu “Menjadi Pribadi Yang Kuat dan Tangguh, Sehingga bisa Menjadi Pemimpin Masa Depan Yang Sukses”.

Pada LDK Para Kades dididik dan digembleng oleh Pemateri dari Kemendagri, BPK, Kemendes, Mabes Polri membahas Hari tentang Kepemimpinan agar kades menjadi pemimpin yang tangguh, yang Kuat, hingga nantinya akan sukses menjalankan roda pemerintahan Desa dengan baik.

Adapun manfaat dari LDK ada lima yaitu yang pertama Melatih percaya diri, Kedua Belajar untuk menyelesaikan masalah, Ketiga Mengasah kemampuan organisasi, Keempat Memupuk sifat kepemimpinan dan yang kelima Sarana Pengembangan Diri

Hal ini disampaikan oleh Ketua APDESI kabupaten Tangerang H. Maskota, dengan adanya LDK mampu bisa melahirkan pemimpin yang tangguh dan bisa membantu Masyarakat.

“Latihan Dasar Kepemimpinan yang pertama mereka itu dididik agar supaya mereka menjadi pemimpin yang tangguh, yang Kuat, hingga nantinya akan sukses. Yang ke-dua LDK tersebut memang sangat penting buat kepala desa, karena mereka itu dilatih dasar kepemimpinan terutama pelayanan terhadap masyarakat dan bagaimana mereka menyelesaikan semacam permasalahan hukum di masyarakat baik pidana maupun perdata,” kata H. Maskota saat diwawancarai di rumahnya.

Selanjutnya ketua APDESI H. Maskota menjelaskan bahwa dengan adanya LDK, kepala desa bisa mengatasi persoalan-persoalan di masyarakat dengan kedisiplinan dalam menjalankan tugas dan ilmu yang didapat dari LDK agar dapat bermanfaat untuk masyarakat.

“Insya Allah ketika seluruh kepala desa 85 desa ini yang masa terpilihnya tahun kemarin 2021 mereka akan bisa mengatasi persoalan-persoalan yang ada di masyarakatnya,
Menurut saya kegiatan ini sangat baik karena Para Kades diuji secara mentalitas pada kegiatan yang dilaksanakan oleh infantri benar benar dididuk seperti layaknya tentara, disiplin. karena bagaimanapun kegiatan tersebut yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah harus berhasil. Satu contoh glombang pertama 85 kepala desa. Ketika saya kesana Meraka benar benar beda, tanggapannyapun sangat beda, kemudian badannya juga sangat berubah. Insya Allah setelah mereka pulang dari Cimahi ilmunya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Tangerang,” jelas H.
Maskota.

“Yang jelas secara nasional baru di Kabupaten Tangerang melaksanakan program LDK untuk Kepala Desa, oleh karena saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, B.Bus, M.Si, Sekda Kabupaten Tangerang Drs. Maesyal Rasyid, M.Si dan Kepala Dinas Pemdes Dadan yang telah memberikan perhatian besar atas terlaksananya LDK ini” tambahnya.

Selain itu kegiatan LDK ini memberikan kesan yang baik bagi peserta LDK dari Kepala Desa, hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Wanakerta HS. Tumbah Sugian, SE. Menurutnya kegiatan LDK ini sangat membantu Kepala Desa dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayanan masyarakat secara utuh.

“Kita disini dididik disini sangat komprehensif, kita diberikan wawasan dan pengetahuan terkait penanganan pengurusan soal tanah, pelayanan publik, kedisiplinan dan hukum, tentunya ini sangat bermanfaat untuk kita sebagai Kepala Desa sehingga kita dapat mengatasi persoalan – persoalan yang terjadi di desa” jelasnya dengan tegas.

Disisi lain kegiatan LDK ini pun mendapat apresiasi yang baik dari kalangan masyarakat, antara lain dari Ketua Umum Paseba Tangerang Utara.

“Saya berkeyakinan kegiatan LDK ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang merupakan terobosan yang bagus, pasti akan memberikan pengaruh yang besar bagi para Kades dalam menjalankan fungsi pemerintahan desa, kami Paseba Tangerang Utara akan mendukung kegiatan ini secara berkesinambungan karena LDK Kades ini bisa menjadi percontohan nasional, artinya daerah – daerah lain dapat menyelenggarakan juga” pungkasnya.

(Eben)