Jika Ingin Berqurban, Waspadai Penyakit Ini

1025

hewan qurbanMendekati hari raya Idul Adha, biasanya permintaan hewan kurban mengalami peningkatan dari hari biasanya. Momen ini menjadi agenda tahunan bagi umat Islam yang ingin berkurban.

Namun perlu diwaspadai sebelum membeli hewan kurban, agar hewan yang dipilih benar-benar sehat. Karena umumnya untuk hewan jenis kambing penyakit utama yang sering diderita adalah skabies atau kurapan pada kulit sehingga tidak layak untuk dijadikan hewan kurban.

Kabid Kesehatah Hewan Dinas peternakan OKI, Joko Sumitro, mengatakan dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan ke sejumlah peternak dan pedagang di kawasan Lempuing Jaya, baru-baru ini mendapati banyak kambing yang terinfeksi penyakit Skabies alias kurap pada kulit.

“Kita minta masyarakat berhati-hati saja dalam memilih hewan kurban,” kata Joko.
Menurut Joko, sementara untuk penyakit pada sapi hampir tidak ditemukan. Namun kata dia pembeli pastinya tahu syarat-syarat hewan kurban yang harus dikurbankan.

“Jadi kalau tidak memenuhi syarat misalnya kurus, belum cukup umur, atau menderita penyakit, tidak usah dibeli.” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten OKI Amiruddin, bahwa sejauh ini stok hewan kurban  untuk wilayah OKI masih mencukupi. Jadi tidak perlu harus didatangkan dari luar OKI.

“Umumnya stok hewan kurban ini kan untuk wilayah OKI datangnya dari para peternak sendiri, yang mau menjual. Berdasarkan tahun lalu, kita tidak kekurangan stok hewan kurban,” ungkapnya.

Untuk wilayah peternakan hewan dan sapi yang dominan, kata Amir, masih di kawasan Lempuing Jaya dan Lempuing Induk, apalagi di kawasan Pasar Seberuk dan Jahe setiap kalangan sering digelar jual beli kambing dan sapi.

“Yang pasti  mendekati lebaran ini jumlah penjual hewan kurban akan makin bertambah dibanding hari biasanya,” timpalnya.

Hingga mendekati lebaran nanti pihaknya  akan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban yang akan dijual.

“Kita bersama UPTD Peternakan Lempuing terus memeriksa kesehatan hewan terutama di Pasar Hewan Lempuing dan ke sejumlah peternakan milik warga,” tandasnya.

(Sindo/BBO)

Comments are closed.