Gelar Istighosah, NU Cilegon Netral Dalam Pilpres

409

Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PC NU) harus memegang teguh netralisasi dalam momentum pemilihan presiden tahun 2014 dan dihimbau untuk menggelar istighosah yang bertujuan agar diberikan keselamatan bagi bangsa Indonesia.

Hal itu dikatakan Ketua PC Nahdhatul Ulama Kota Cilegon,Hifdullah. “Jadi setiap pengurus NU di masing-masing daerah sudah diberikan surat intruksi oleh Pengurus Besar NU agar tidak memihak kepada salah satu kontestan calon presiden dan wakil presiden tahun 2014 ini.” Ujar Hifdullah kepada awak media usai menggelar Istighosah di Masjid Madinatul Hadid simpang tiga Cilegon, Jum’at (20/6) sore.

Hifdullah menegaskan dengan adanya himbauan itu, pihaknya akan melaksanakan kewajiban sesuai dengan intruksi pengurus pusat karena NU merupakan bukan organisasi politik.

“Kalau pribadinya dipersilahkan untuk memilih sesuai dengan keinginan tapi untuk lembaga harus tetap netral.” katanya Ia menjelaskan acara istighosah ini selain meminta kebaikan menjelang Pilpres, ini juga merupakan pembukaan agenda pengajian bulanan yang akan dilakukan setiap bulan, diikuti oleh seluruh para pimpinan pondok pesantren dan para santri se-Kota Cilegon.

”Disetiap wilayah sudah melakukan istighosah, kalo Cilegon baru kali ini, dan kami mempunyai inisiatif pada pengajian bulanan akan membahasa tentang kitab mu’tabar sesuai dengan madzhab Syafe’i.” Hifdullah berharap semoga siapa pun pemimpin yang terpilih bisa menjadi seorang pemimpin yang baik bagi bangsa Indonesia.

Sementara itu, Ketua Himpunan Santri Cilegon, Khairul Jaza mengatakan kegiatan ini sebagai wujud persatuan antara pimpinan pondok pesanteren dan santri di Kota Cilegon guna menumbuhkan kembali tali silaturahmi.

“Kegiatan ini bukan hanya diikut oleh para santri tetapi masyarakat Cilegon juga mengikuti agar terciptanya suasana yang harmonis.” Kata Jaza. Jaza berharap dalam momentum Pilpres ini bisa mewujudkan pemimpin bangsa yang agamis tidak syarat akan kepentingan pribadi dan golongan.

“Ya siapapun yang terpilih semoga bisa menjadi pemimpin yang lebih mementingkan kepentingan masyarakat banyak.” Tandasnya. (arif)