Gagal Labuh Akibat Cuaca Ekstrem, KMP Kencana Tubruk Tiang Listrik Dermaga 6 Merak 

161

IMG_20210622_152156

Sebuah kapal muat penumpang PT Wira Jaya Logitama Liney ang diketahui dari perusahaana gagal berlabuh dari Dermaga 1, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Senin (21/6/2021).

Kapal milik perusahaan pelayaran dari PT Wira Jaya Logitama Line gagal labuh dan terhempas ke Dermaga 6 diduga dihantam cuaca ekstrem. Akibat kejadian itu, kapal juga menubruk salah satu tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) di area dermaga.

Informasi yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu, KMP Wira Kencana dijadwalkan sandar di Dermaga 1, Pelabuhan Merak dari Pelabuhan  Bakauheni.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Merak pada BPTD Wilayah VIII Banten, Harianto tidak menampik kejadian tersebut. Saat itu, kapal baru saja menurunkan muatan penumpang. Saat keluar dari Dermaga 1 untuk engker, kapal terhempas angin kencang dan arus kuat sehingga terdorong ke Dermaga 6.

“Dia (kapal) mau keluar, dia memang dijadwalkan mau engker. Saat itu dalam kondisi tidak ada muatan. Memang saat itu cuaca agak ekstrem, angin kencang dan arus, dia terbawa (dari Dermaga 1 ke Dermaga 6),” ungkapnya ditemui di Gedung STC Pelabuhan Merak.

Saat kejadian tersebut, BPTD Banten langsung melakukan tindakan dengan mengalihkan kapal yang tadinya bersandar di Dermaga 1 dialihkan ke Dermaga 5.

“Kita ambil tindakan kapal di belakangnya, kita sandarkan di Dermaga 5. Kita tidak mau, penumpang kapan yang dibelakangnya resah, makanya kita alihkan,” paparnya dikutip dari Selatsunda.com.

Mengenai saat kejadian haluan kapal sempat menubruk tiang PJU, kata Harianto, pihaknya belum mendapat laporan tersebut. Namun sampai saat ini, pihak operator kapal diminta untuk menyerahkan laporan tentang kejadian tersebut.

“Saya minta berita acara dari kapal. Sampai saat ini, kami belum terima berita acaranya,” tutur pria disapa Hari seraya menyatakan kapal telah keluar pelabuhan sekitar pukul 16.15 WIB dan diengkerkan.

Pihaknya meminta agar seluruh operator kapal khususnya nakoda atas insiden tersebut untuk memperhatikan informasi tentang cuaca dan berhati-hati saat melakukan perjalanan pelayaran. Mengingat KSOP Banten telah mengeluarkan surat peringatan dini cuaca buruk di Perairan Banten.

“Nakoda diminta untuk memperhatikan kondisi cuaca. Saat sandar kita minta berhati-hati, labuh juga kita minta hati-hati. Kita ingatkan agar ada lashing di kapal juga,” terangnya.

General PT ASDP Cabang Merak, Hasan Lessy dikonfirmasi tidak menampik tiang PJU ditubruk KMP Wira Kencana. Saat ini Divisi Teknik tengah mengurusnya dengan operator kapal.

“Tadi sudah saya suruh manajer di Divisi Teknik untuk mengurus itu. Dan sudah dikoordinasikan,” paparnya.

Sementara Kepala Cabang PT Wira Jaya Logitama Line di Merak, Abdul Mukti coba dihubungi belum dapat dikonfirmasi. Pesan pendek whatsapp yang dituju juga belum direspon