Di Cigading Ada Alqur’an Berukuran Raksasa Karya Putra Daerah

720

alquran jumbo

2 kitab suci Al-qur’an berukuran raksasa peninggalan ulama kiyai haji Basharudin Aly, pimpinan pondok pesantren Al-hikmah, tepatnya dilingkungan Cigading Kecamatan Ciwandan kota Cilegon.

Fenomena nyata ini mulai menjadi perhatian warga sekitar, beberapa warga yang penasaran melihat langsung aAl-qur’an raksasa tersebut, selain memiliki keunikan tersendiri Kitab suci ini ditulis langsung oleh penulisnya.

Al-qur’an berukuran jumbo dengan panjang 180 centimeter dan lebar 125 centimeter ini dibuat langsung selama bertahun-tahun oleh penulisnya dengan dibantu para santrinya pada tahun 1990 silam.
Meski Al-qur’an raksasa ini telah ada sejak era sembilan puluhan, namun keberadaan al-qur’an raksasa ini baru diketahui warga  baru-baru ini, karena selama ini Al-qur’an raksasa tersebut disimpan oleh pihak keluarga di salah satu majelis taklim Al-hikmah dan hanya dipamerkan pada kegiatan-kegiatan tertentu sebagai warisan putra Cilegon.
Al-qur’an raksasa ini bukan satu-satunya karya almarhum kiyai haji basharuddin aly, jia uga pernah membuat 3 buah Al-qur’an raksasa seluruhnya dengan beragam ukuran, namun satu diantaranya telah dibawa oleh penulisnya sendiri ke Tasikmalaya  Jawa Barat dan dua al-qur’an raksasa lainnya masih tersimpan di majelis taklim al-hikmah.

Tiga buah Al-qur’an raksasa dengan berbagai macam ukuran ini dibuat dengan tulisan tangan kiyai haji basharuddin aly dengan memakan waktu  dua tahun dua bulan dua puluh dua hari, seperti pada saat Nabi Muhammad SAW menerima Wahyu secara berangsur-angsur.

Hingga saat ini Al-qur’an raksasa tersebut  disimpan di ruangan Majlis taklim Al-hikmah dengan alakadarnya, pihak keluarga kiyai haji basharuddin berharap adanya perhatian Pemerintah untuk menjaga warisan putra Daerah dengan memusiumkan apalagi keberadaan Al-qur’an raksasa masih sangat jarang dimiliki oleh Daerah lain di tanah air
Reportase: A Fernando