Capres Militer Lebih Diminati Masyarakat

809

Sebuah survei menunjukkan bahwa calon presiden berlatar belakang TNI masih lebih diminati ketimbang dari warga sipil. Jajak pendapat ini dilakukan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN) berdasarkan hasil survei pada tiga putaran debat kandidat.

“Publik lebih membutuhkan Capres yang diasosiasikan tegas daripada capres yang dipersepsikan merakyat dan sederhana,” kata Direktur Eksekutif LSN, Umar S Bakry di Jakarta, minggu 29 Juni 2014.

Hasil survei menunjukkan sebesar 64,5 persen menginginkan kombinasi capres dan cawapres TNI dan sipil. Sementara yang menginginkan capres-cawapres sipil-sipil hanya 30,5 persen dan lima persen mengaku tidak tahu.

Ditanya apakah setuju dengan capres berlatar belakang TNI, sebanyak 80 persen mengaku setuju. “Jadi hanya 15,2 persen saja yang menyatakan tidak setuju, dan sisanya menyatakan tidak tahu,” katanya.

Survei ini dilaksanakan pada 23-26 Juni di 34 Provinsi dengan 1070 responden menggunakan tekhnik rambang berjenjang (Multistage random sampling), tingkat kesalahan (Margin Of Error) sebesar 3,0 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

@Viva