Alhamdulillah, Remaja Asal Langkat Juara 2 Hafal Al-Quran Tingkat Internasional di Arab Saudi

161

18-21-19-20220923074404

Zahran Auzan, remaja 13 tahun asal Langkat, Sumatera Utara berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Auzan berhasil meraih juara 2 dalam Musabaqah Hafalan Al-Qur’an (MHQ) Tingkat Internasional bertajuk ‘King Abdul Aziz International Holy Qur’an Contest’ di Arab Saudi.

Putra pasangan Ismuddin dan Aminatun Zahriah berhasil mengalahkan puluhan peserta yang berasal lebih dari 50 negara.

Pada cabang 30 juz MHQ Internasional Tahun 2022 di Arab Saudi berlangsung pada pertengahan September 2022.

Adapun juara 1 diraih Achmad Achiri asal Maroko, juara 2 diraih Zahran Auzan asal Indonesia dan juara 3 diraih Abdoulie Njie asal Gambia.

Juara 1 berhak mendapatkan uang pembinaan 200.000 riyal, juara 2 mendapatkan 185.000 riyal, dan juara 3 mendapatkan 170.000 riyal.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengaku turut bangga dan bersyukur dengan prestasi yang diraih anak bangsa.

“Alhamdulillah, satu lagi prestasi internasional diraih anak kita. Prestasi ini mengharumkan nama bangsa,” ungkap Kamarudiin, di Jakarta, Kamis (22/9/2022), dilansir dari laman Kemenag.

Sementara itu, Kasubdit Lembaga Pengembangan Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty menyatakan, prestasi Auzan merupakan bukti kualitas anak bangsa.

Rijal berharap, prestasi hafiz asal Langkat itu menginspirasi generasi muda untuk semangat mengharumkan nama bangsa.

“Ini merupakan berita gembira untuk masyarakat Indonesia sekaligus penanda bahwa generasi kita mampu bersaing di kancah internasional,” kata Rijal.

Ia juga mengapresiasi kerja keras orang tua Auzan dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara.

“Ini inspirasi untuk anak-anak dan orang tua seluruh Indonesia. Ini salah satu keberhasilan pembinaan dan pendidikan sejak dini yang diberikan orang tua dan LPTQ Sumut,” ucapnya.

Sekali lagi, Rijal memberi selamat atas prestasi yang diraih Auzan di usia yang masih belia.

“Selamat kepada Auzan, di usianya yang baru 13 tahun berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” katanya.