3 Perusahaan Besar di Banten Dikabarkan Hengkang dari Banten Pindah ke Jateng

83

images (4)

Beredar kabar 3 perusahaan di Banten yaitu PT Nikomas Gemilang, PT KMK Global Sport dan PT Parkland World Indonesia (PWI) pindah ke Jawa Tengah (Jateng). Informasi ini beredar lantaran ketiga perusahaan itu sudah memiliki pabrik di Jawa Tengah.

Pihak Pemerintah Provinsi Banten pun buka suara merespons kabar tersebut.

“Diduga mas, karena begini, pembangunan pabrik mereka tahun depan selesai, kalau pabrik itu selesai, ngebangun rumah nggak ditempati rugi loh mas. Mungkin kalau dibilang asumsi monggo lah ya, cuma kan kalau Nikomas, KMK mungkin nggak pindah, karena di sana namanya beda, ganti baju,” kata Kadisnakertrans Banten Septo Kanaldi dikonfirmasi detikcom, Serang, Jumat (11/11/2022).

Septo menjelaskan tanda-tanda tiga perusahaan mau pindah ke Jawa Tengah sudah nampak sejak 2 tahun lalu. Apa tandanya? KMK sudah membuat dua pabrik di Temanggung dan Salatiga.

Kemudian, PWI di Pati dan NIkomas di Pekalongan. KMK dan Nikomas, di sana menggunakan nama perusahaan baru tapi dengan manajer yang sama. Ini bisa saja memberi dampak ke Banten karena pernah ada contoh kasus industri Panarub di Banten yang kemudian membuka di Boyolali, dan ada pengurangan pegawai.

“KMK, Nikomas nggak pindah dia mah, karena nama perusahaan di tempat baru beda, manajernya sama, nanti di sini dikurangi tuh pegawainya,” ujarnya.

Selain itu, menurut Septo, jika ada masalah dengan order dan buyer, kenapa kemudian tiga pabrik ini ini malah membuka pabrik di Jawa tengah. Ini katanya karena ada masalah dengan kemudahan investasi dan masalah lain di Banten termasuk soal upah.

(bri/hns)