297.045 Warga Cilegon Bakal Nyoblos di Pilkada 9 Desember Mendatang

0
450

Pilkada

KPU Kota Cilegon menetapkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPHSP), menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Data tersebut diperuntukkan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 9 Desember 2020.

“Proses daftar pemilih dimulai dari bulan Juli, dari penetapan DPS (Daftar Pemilihan Sementara) dan saat ini masuk kedalam penetapan daftar pemilih tetap,” kata Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi di The Royal Krakatau Hotel  Cilegon, Jumat (16/10).

Menurutnya, dalam proses pemutakhiran Daftar Pemilih, KPU selalu mengedepankan prinisp transparansi. Dimana, kata Dia, pasca penetapan KPU telah melakukan rangkaian uji publik di setiap kelurahan terkait DPS pada masing-masing Tempat Pemilihan Sementara (TPS) serta di pimpinan Parpol (Partai Politik).

“Berdasarkan masukan dan tanggapan, serta saran perbaikan dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kota Cilegon. hari ini kami tetapkan DPT,” tuturnya.

Ia mengaku, selain melakukan penetapan DPT pada Pilkada Kota Cilegon. Selain itu katanya, telah melakukan perekaman berkaitan dengan Daftar Pemilih yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Cilegon.

Sementara itu, Koordinator Divisi Data Internal KPU Kota Cilegon Mulya menjelaskan, rapat pleno tersebut telah sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

“Alhamdulillah, Cilegon sesuai dalam rentang waktu yang diatur dan secara teknis ini akan dibacakan oleh kawan-kawan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Dimulai dari paling timur yakni Kecamatan Cibeber,” tuturnya.

Diketahui, jumlah DPT yang ditetapkan dari 8 kecamatan dan 43 kelurahan terdapat 784 TPS. Serta jumlah keseluruhan pemilih tetap sebanyak 297.045, berdasarkan jenis kelamin laki-laki sebanyak 149.160 dan perempuan 147.885 pemilih tetap.