Pemkot Cilegon Beri Pelatihan Untuk Penerima Dana Bergulir Bantuan Modal UMKM

47

IMG_20210723_115344

Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memberi pelatihan bagi penerima dana bergulir bantuan modal UMKM, Jumat 4 Juni 2021, di Aula Setda Kantor Pemkot Cilegon. Untuk diketahui, pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Cilegon untuk menciptakan lapangan pekerjaan melalui pengembangan UMKM di Kota Cilegon.

Walikota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, pelatihan UMKM dilakukan sebagai pendekatan untuk meningkatkan kapasitas UMKM pada aspek tatakelola usaha baik dari sisi managemen, strategi produksi, hingga pemasaran.

“Satu dari sepuluh janji politis kami adalah program penyerapan 25.000 tenaga kerja. Program tersebut dilakukan melalui pelatihan, pemagangan, bantuan modal usaha serta pendampingan atau inkubasi usaha,” kata Helldy.

Setelah pelatihan dilakukan, Pemkot Cilegon akan menggulirkan bantuan modal usaha yang merupakan dana bergulir dengan bunga nol persen atau tanpa bunga. Pemkot Cilegon menggandeng Bank BJB untuk pengembangan usaha.

“Dengan meningkatnya kapasitas produksi dan daya saing usaha diharapkan kebutuhan tenaga kerja untuk mendukung operasional unit usaha juga meningkat. Ini artinya semakin banyak lapangan pekerjaan yang tersedia bagi masyarakat,” harap Helldy.