Menyoal Peredaran Gas 3 Kg di Cilegon, Waspadai Permainan Ganti Tutup Segel

203

images (17)

Derasnya permintaan gas ukuran 3 kilo yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin nampaknya menjadi ladang bisnis tersendiri bagi para penjual gas subsidi tersebut, khususnya para penjual partai besar yang biasa disebut agen atau pangkalan.

Diketahui, setiap kota dan wilayah sudah memiliki kuota pemenuhan gas ukuran 3 kilo yang dikelola pihak Pertmina selaku penyedia tunggal kebutuhan utama masyarakat yang kala itu di konversi dari minyak tanah menjadi gas sebagai alat utama memasak.

Maraknya permainan ini sudah terendus cukup lama, bahkan pemerhati sosial dan para aktifis menenggarai praktek curang para pengganda kuota itu dengan hanya mengganti tutup segel yang berbeda untuk setiap kabupaten dan kota.

“Caranya mudah saja, bedanya kan cuma disegel penutupnya itu yang diganti, misalnya kalau di wilayah sini kan tutup segel gasnya kan warna pink, nah biasanya para pemain gas itu cukup beli gas dari pangkalan lain yang sepi konsumen dan si pemesan tinggal mengganti tutup segelnya saja, jadi modalnya cuma tutup segel dan dijual dengan harga yang sama “ujar Nawawi, seorang pemerhati sosial masyarakat, Senin (13/6/2022).