KPU Cilegon Siapkan Surat Suara Braille Untuk Penyandang Tuna Netra

635

Komisi pemilihan umum (KPU)  kota Cilegon mulai melakukan pencetakan surat suara, selain itu KPU juga menyiapkan surat suara braile berupa template guna mengakomodir hak pilih pemilih disabilitas khusus untuk penyandang tuna netra.

Komisioner KPU kota Cilegon, Elly Jumaeli mengatakan, belum diketahui jumlah secara pasti penyandang Disabilitas di kota Cilegon karena perbaikan daftar pemilih masih dilakukan dan menunggu DPTB 1 dan DPTB 2.

“Sedikitnya pada pemilihan presiden kemarin data penyandang tuna netra di kota Cilegon hanya ada sekitar 68 penyandang tuna netra yang terdapat di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Ciwandan dan Kecamatan Cibeber sehingga perlu disiapkan guna mengakomodir hak suara pemilih dari kelompok Disabilitas” ujarnya.

Elly juga menambahkan, surat suara braile akan diadakan di tiap TPS, guna memfasilitasi pemilih penyandang tuna netra, namun demikian pihaknya belum bisa memastikan berapa surat suara braile nantinya yang akan disertakan di tiap TPS. “Sementara untuk memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas lainnya, Kita hanya akan menyiapkan alat bantu tongkat dan petugas pendamping bagi pemilih yang tidak bisa berjalan” tambahnya.

Reportase: A Fernando