Bappeda Publikasikan Profil Kota Cilegon 2015

944

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Cilegon mengadakan kegiatan Exspose Profil Kota Cilegon Tahun 2015, bertempat di Aula Bappeda Kota Cilegon, Rabu (19/08). Kegiatan ini diadakan dengan mengundang peserta seluruh SKPD di lingkungan pemerintah Kota Cilegon dan instansi vertical, (Kemang, PMI, Polres, ASDP dsb) di Wilayah Kota Cilegon. Yang akan dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Cilegon Dra. Hj. Ratu Ati Marliati, MM.

Ratu Ati Marliati menjelaskan bahwa kegiatan publikasi Profil Kota Cilegon merupakan kerjasama antara Bappeda Kota Cilegon dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cilegon, dan kegiatan ini merupakan publikasi rutin tahunan yang dilakasanakan oleh Bappeda Kota Cilegon. “Setiap tahun bekerja sama dengan BPS, alhamdulillah berjalan dengan baik.” Ungkapnya.

Kedudukan data dan informasi dalam dunia modern saat ini semakin penting karena informasi sudah menjadi suatu kebutuhan. Semakin besar akses arus informasi yang terjadi semakin besar pula peluang suatu organisasi untuk mengembangkan dirinya. Proses pengembangan diri tidak saja ditentukan oleh faktor pemilikan informasi kepada klien/stakeholder baik internal maupun eksternal organisasi. Informasi mampu menjadi komponen umpan balik efektif bagi pengembangan organisasi, dan informasi dapat mencegah terjadinya konflik. Menurut Ati Perhitungan yang dilakukan selama ini sudah baik.

“Perhitungan sudah baik sehingga perkembangan pembangunan memiliki data-data  yang valid bukan hanya di Pemda tetapi juga kebutuhan untuk Pembangunan Kota Cilegon.” Ungkapnya.

Publikasi ini menyajikan data primer maupun data sekunder dari berbagai sumber meliputi data: geografis, pemerintahan, penduduk, ketenagakerjaan, social, pertanian, perindustrian, pertambangan dan energy, perdagangan, transportasi, komunikasi, parawisata, keuangan dan harga-harga. Dan diharapkan dapat menggambarkan kondisi perkembangan Kota Cilegon yang sesungguhnya dan data ini bisa disempurnakan dengan indikator yang relevan.

Kepala BPS Kota Cilegon Nandang Effendy menyampaikan pendapat bahwa kerjasama BPS dengan Pemerintahan Kota Cilegon ini kedepannya terus bersinergi dan keinginan kita akan berjalan dengan baik. “Perencanaan itu harus ada data apabila kita membangun tanpa data maka mubadzirnya banyak.” Katanya

Lebih lanjut Nandang berharap data itu tepat cepat dan akurat agar perencanaannya bisa berjalan dengan baik.

“Data ini menggambarkan kondisi saat ini tentang perkembangan dari keseluruhan aspek pembangunan walaupun belum secara sempurna, yang harapnya kedepa dengan kerjasama  berbagai instansi terkait baik unsur SKPD Pemerintah Kota Cilegon, maupun unsur instansi vertical lainnya dapat disempurnakan dengan berbagai indicator yang lebih relevan, cakupan informasi yang lebih luas dan mutakhir sejalan dengan kemudahan dalam perolehan data dari instansi terkait.” Jelasnya.

Harapannya publikasi ini bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai bahan perencanaan  umum pembangunan dan sebagai pengambilan kebijakan menuju pembangunan Kota Cilegon. Dengan informasi tersebut, para perencana, perumus kebijakan, peneliti dan akademisi dapat menjadikan sebagai sumber dalam penyediaan data statistic yang factual, valid dan terpercaya.

(Hendra)