Antisipasi Arus Mudik, ASDP Siapkan 47 Kapal Ro ro

698

asdp 2Selain penambahan tempat loket, Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) juga menambahkan 47 unit kapal siap beroperasi, untuk penyebrangan arus mudik tahun 2014 dari pelabuhan Merak-Bakauheuni.

Manager usaha pelabuhan, Nana Sutisana menjelaskan, sudah ada 47 kapal siap beroperasi. “Kapal yang sudah ada izin di pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheuni.

Khususnya yang ada di pelabuhan Merak ini semuannya 47 unit kapal, yang ada izin di lintasan Merak ini,” Jelasnya, saat di lokasi dermaga, Merak, Selasa (22/7).

Nana mengatakan, dari 47 kapal siap beroperasi itu, tidak semuanya diseberangkan. “Namun yang siap operasi itu hanya ada 42 yang siap operasi, dari 42 itu juga tidak semua beroperasi. disebabkan fasilitas di dermaga Pelabuhan Merak ini masih tetap ada 5,” katanya. Sementara itu, Nana menerangkan sudah ada kesepakatan mengenai penyebrangan kapal.

Idealnya supaya tidak ada penumpukan di laut, kita sepakat dari pihak ASDP, Otoritas Penyelenggara Penyebrangan (OPP), KSOP Sahbandar, Gapasdap, dari 4 itu sepakat supaya pengguna perjalanan kita buat 27 kapal, setiap operasi maksimal 28 kapal,” pungkasnya. (*Acil)