Minat Pendonor Darah di Kota Cilegon Semakin Berkurang

592
donor darah RSUDCilegon, BBO- RSUD Panggung Rawi Siang tadi (03/12)  menggelar kegiatan Donor Darah, hal itu dilakukan oleh RSUD Kota Cilegon sebagai bagian dari program rutin dan dalam rangka pemenuhan stok darah yang cenderung menurun, kegiatan itu dilakukan di Aula RSUD Kota Cilegon.
Menurut  Dokter prinika, rutinitas Donor Darah dilakukan sebulan sekal, “kegiatan ini di adakan untuk kalangan Umum, tetapi lebih banyak pegawai RSUD dan untuk saat ini pendonor hanya 37 orang 3 diantaranya ditolak dikarenakan kurang memenuhi persyaratan’’ujarnya.
Sedangkan menurut petugas Palang merah Indonesia (PMI), Hanmurdoko, jumlah pendonor semakin menurun daya minatnya, “padalah tiap bulan kami butuh stok Darah hampir 700 kantong lebih untuk keperlukan pasien di rumah sakit’’ ucapnya.
Aadapun harga Darah sekantong menurut hanmurdoko sebesar Rp.360 ribu perkantong, ’’harga sekantong Darah Rp.360 ribu karena adanya pemeriksaan darah di labolatorium dan pemeriksaan lainnya’’ ucapya.
Target setahun dari PMI kota Cilegon 10% dari jumlah masyarakat se kota Cilegon akan tetapi minat masyarakat semakin berkurang.