Meski Di Bully, Bekasi Masih Jadi Primadona Kelas Menengah

571

bekasiBekasi, kota penyangga Jakarta ini belakangan banyak dirisak atau diolok-olok oleh para netizen, di media sosial. Pertumbuhan infrastruktur yang kurang mampu mengejar pertambahan penduduk, menjadi salah satu penyebab Bekasi terasa begitu memprihatinkan.

Namun demikian, Bekasi adalah salah satu kota yang memiliki banyak pusat perbelanjaan modern (mall) mentereng. Mall di Bekasi berpeluang terus tumbuh, didorong kebutuhan kelas menengah.

“Di Bekasi sendiri pusat belanja cukup banyak. Kami ada Grand Galaxy, dan lain-lain. Cukup bagus. Pertumbuhan Bekasi cukup oke kok,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Handaka Santosa, Kamis (15/10/2014).

Bekasi memang memiliki cukup banyak pusat perbelanjaan modern. Sebut saja beberapa diantaranya, Bekasi Trade Center, Grand Mall Bekasi, Bekasi Square dan Mega Bekasi Hypermall.

Handaka menjelaskan, pertumbuhan mal di kota penyangga cukup baik. Sebab, orang-orang sudah frustasi dengan kemacetan ketika ingin menuju ke Jakarta. Hal itu terbukti dari tumbuhnya pusat perbelanjaan modern, tak hanya di Bekasi saja, namun juga di Tangerang, Depok, dan Serpong.

Selain karena kemacetan, tumbuhnya pusat perbelanjaan di kota-kota penyangga itu juga didorong oleh pertumbuhan kelas menengah.

“Untuk Bekasi memang saat ini mall-nya bersegmen market menengah, seperti Grand Galaxy tadi. Bekasi belum punya yang sekelas Grand Indonesia. Tapi dengan pertumbuhan kelas menengah, saya yakin akan terus tumbuh,” kata Handaka.

(Suryo)