Menyiasati Kualitas Beras yang Kurang Baik

2019

karung beras

Beberapa waktu yang lalu terjadi keterlambatan penyaluran beras raskin di Cilegon dikarenakan belum keluarnya surat keputusan gubernur. Keterlambatan ini bukan hanya membuat masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah jadi merasa kesulitan, namun juga berisiko membuat kualitas beras kian menurun.

Beras memang bahan makanan yang tahan lama. Namun jika disimpan terlalu lama, maka kualitas beras tentu akan mulai menurun dan rasanya kurang sedap saat dikonsumsi.

Bagaimana cara yang tepat untuk menyiasati kualitas beras yang kurang baik?

Menampih Beras Sebelum Ditanak

Beras yang terlalu disimpan biasanya mengandung banyak debu berwarna putih. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa menampih beras dengan menggunakan tampah berukuran besar.

Menampih beras akan membuat kotoran dan sebagian debunya menjadi hilang. Sehingga proses mencuci beras tidak akan membutuhkan banyak air dan tidak memakan waktu lama.

Menyimpan Beras Di Tempat yang Tepat

Beras yang sudah ditampih hingga bersih harus disimpan di tempat yang kering dan tertutup supaya tidak mudah berkutu. Anda bisa mendapatkan produk rice box khusus untuk menyimpan beras dengan membelinya secara online. Cek promonya di MatahariMall.com. Jika Anda beruntung maka Anda akan mendapatkan potongan harga untuk produk yang Anda butuhkan. Ada berbagai pilihan produk rice box yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Memilih rice box yang berkualitas dari MatahariMall akan membuat beras Anda menjadi lebih awet.
Anda pun tak perlu khawatir lagi dengan kotoran, kutu, atau tikus yang bisa mengganggu kualitas beras Anda.
Menggunakan Jeruk Nipis

Ternyata jeruk nipis bisa membuat beras yang sudah kusam tampak menjadi lebih putih. Caranya pun cukup mudah, gunakan perasan air jeruk nipis yang dicampurkan dengan air untuk mencuci beras. Selanjutnya, tuangkan setengah air pada beras yang sudah siap dimasak. Teteskan air perasan jeruk nipis kemudian aduk beras dan air sebelum ditambahkan dengan sisa airnya. Niscaya cara ini ampuh membuat warna nasi menjadi lebih putih dari sebelumnya.

Selalu ada cara untuk mempertahankan kualitas beras yang Anda miliki. Mari menyiapkan nasi hangat siap santap untuk membangkitkan selera makan keluarga.

*Artikel Mataharimall