Ketua LSM BMPP Desak PT Lotte Chemical Berdayakan Pekerja Lokal, “Pribumi jangan Jadi Penonton

1313

IMG_20230525_215315

LSM Banten Monitoring Perindustrian dan Perdagangan (BMPP) angkat bicara terkait persoalan perekrutan tenaga kerja lokal di PT Lotte Chemical yang berlokasi di wilayah Rawa Arum, kecamatan Grogol kota Cilegon.

Menurut ketua LSM BMPP Deni Juweni, keberadaan pabrik kimia PT Lotte Chemical iIndonesia (LCI) yang saat ini sedang dalam pembangunan pabrik tidak melibatkan pekerja lokal, adapun pekerja yang ada di proyek pabrik kimia tersebut berasal dari luar kota, itupun upah para pekerjanya dibawah upah standar.

“Saya prihatin dengan adanya proyek pembangunan pabrik PT Lotte ini tidak melibatkan pekerja lokal kota Cilegon, yang ada para pekerja sipil yang direkrut berasal dari luar daerah. Itupun upah para pekerjanya sangat rendah, untuk itulah kami dari LSM BMPP yang konsen dalam persoalan sosial di masyarakat mendesak kepada pihak manajemen PT Lotte untuk mempekerjakan masyarakat sekitar”ujar Juweni, Kamis (25/5/2023).

Menurutnya, keberadaan proyek sebesar PT LCI tersebut seharusnya dapat mengurangi banyaknya pengangguran di kota Industri ini, hal itulah yang membuat dirinya mendesak pihak perusahaan supaya mau membuka pintu kepada masyarakat Kota Cilegon agar dapat bekerja di perusahaan yang ada di kota Cilegon.

“Jangan sampai masyarakat lokal menjadi penonton, dan jangan juga para pekerja yang ada di proyek pembangunan pabrik itu dibayar rendah. Kami mendesak pihak perusahaan membuka seluas-luasnya kepada masyarakat Kota Cilegon agar supaya dapat bekerja di perusahaan itu. Dan jika tidak ada respon dari pihak perusahaan maka kami beserta masyarakat akan mengadakan aksi demo besar-besaran karena persoalan ini adalah hak kami sebagai warga lokal”tegas Juweni.

Diketahui, sejak dimulainya proyek pembangunan pabrik PT LCI sudah banyak menuai kontra versi, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya aksi demo yang dilakukan warga sekitar dan keluhan masyarakat lantaran warga lokal tidak dilibatkan dalam proyek tersebut, padahal dampak dari proyek yang sedang dikerjakan tersebut dirasakan langsung oleh warga sekitar.