Gelar Muscam PK KNPI Bayah, Ketua DPD KNPI Lebak : Dinamika Apapun yang Terjadi, Semangat Kita Satu Mempersatukan Pemuda

474
IMG-20220122-WA0047
Foto : M. Jafar Toha, Ketua DPD KNPI Kabupaten Lebak, saat memberikan sambutan di acara Muscam PK KNPI Bayah.

LEBAK, bidikbanten.com – Dalam rangka membentuk kepengurusan baru, Pengurus Caretaker KNPI Kecamatan Bayah menggelar Musyawarah Kecamatan (Muscam) yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Sabtu, (22/01/2022).

Dalam kegiatan itu, nampak hadir Ketua dan Pengurus DPD KNPI Lebak, Pengurus MPI Lebak, Camat Kecamatan Bayah, pihak Polsek dan Koramil Bayah, Ketua Apdesi Bayah, serta beberapa perwakilan OKP (Organisasi Kepemudaan) di Kecamatan Bayah.

Dalam sambutannya, Upang, Ketua Pelaksana Kegiatan, kami mengambil tema ‘Sinergitas Pemuda Dalam Mewujudkan Kemandirian’, artinya, pemuda di kecamatan Bayah hari ini harus dapat bersinergi membangun kecamatan Bayah. Di era modernisasi ini kita harus mampu bersaing dengan kecamatan lainnya.

“Terima kasih kepada tamu undangan Yang udah menyempatkan untuk hadir ditempat ini, tentunya masih banyak kekurangan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga, dengan acara ini bisa menjadikan calon pemimpin yang mampu memajukan khususnya KNPI Bayah,” katanya.

Ditempat yang sama, M. Bukhori, Ketua Caretaker KNPI Kecamatan Bayah, menuturkan, Dibentuknya caretaker ini didasari dari surat edaran nomor : 15/Kep/Knpi-LBK/XI/2021 tentang legalitas pengurus Kecamatan Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) tertanggal 1 November 2021, dan ditandatangani oleh ketua dan sekertaris DPD KNPI Kabupaten Lebak.

“Dalam surat itu ditegaskan bahwa PK KNPI untuk melaksanakan Muscam, selambat-lambatnya hingga bulan Desember 2021, dan apabila sampai waktu yang ditentukan belum juga melaksanakan Muscam, maka kepengurusan PK KNPI diambil alih oleh DPD KNPI Kabupaten, dengan kata lain dibentuknya Caretaker,” terang Bukhori.

Selanjutnya, kata Buhori, seiring telah dilaksanakannya Muscam PK KNPI Bayah, ia menyerahkan kepada ketua terpilih yang baru untuk menjalankan roda organisasi dengan baik yang sesuai dengan AD/ART Organisasi.

“Selanjutnya hasil Muscam ini kita serahkan ke DPD KNPI Lebak, terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta membantu terselenggaranya kegiatan ini,” imbuhnya.

Dikatakan Khaerudin, Camat Kecamatan Bayah, mudah mudahan upaya yang kita lakukan sebagai pemuda pada hari ini mendapatkan ridho dari Allah serta mendapatkan manfaat.

“Kecamatan Bayah memiliki potensi pemuda yang sangat luar biasa. Maka dari itu, rekan rekan yang hadir mari kita satukan persepsi bahwa KNPI ini adalah organisasi pemuda yang cukup formal dan perlu kita selamatkan agar KNPI ini menjadi wadah semua generasi muda,” katanya.

Lebih lanjut Khaerudin, menuturkan, siapapun nanti yang dianggap mampu dan layak untuk menahkodai KNPI Kecamatan Bayah dengan hasil demokrasi, silahkan.

“Kami dari pihak pemerintahan Kecamatan Bayah siap bermitra dengan siapapun. Lakukan musyawarah dan demokrasi dengan sebaik-baiknya untuk menentukan siapa yang kayak untuk menjadi ketua KNPI Kecamatan Bayah,” tegas Camat Bayah.

Diki Fahrizal, ketua KNPI Bayah, menyampaikan, terkait Perjalanan PK KNPI Kecamatan Bayah sebelumnya ada permasalahan yaitu dualisme kepengurusan.

“Alhamdulillah, pada 2021 kemarin sudah terbentuk dengan satu kepengurusan DPD dengan ketua M Jafar Toha. Sebetulnya, kemarin kita sudah mempersiapkan muscam namun lewat dari waktu yang ditentukan. Demi meneruskan kepengurusan KNPI Bayah, kita ikuti saja prosesi pemilihan ketua dan semoga Muscam ini berjalan dengan lancar,” katanya.

M. Jafar Toha, Ketua DPD KNPI Lebak, paska rapat kerja cabang di DPD Kabupaten Lebak dan salahsatunya adalah revitalisasi seluruh kepengurusan PK KNPI di 28 kecamatan se Kabupaten Lebak.

“Dinamika apapun yang terjadi, semangat kita adalah satu yaitu menyatukan pemuda. KNPI Kecamatan Bayah harus mandiri dan berwirausaha,” katanya.

Ketua APDESI Kecamatan Bayah, Rafik Rahmat Taufik, KNPI itu menjadi mitra kritis pemerintah dan benar-benar diimplementasikan.

“Posisi KNPI ini suatu organisasi yang sangat luar biasa untuk memberikan kritik, saran, kepada pemerintah agar menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Apapun prosesnya, lanjut Rafik, berharap agar siapapun yang terpilih menjadi ketua KNPI Bayah benar-benar sosok terbaik di Kecamatan Bayah. Jangan sampai sudah definitif lebih cenderung memanfaatkan jabatan di organisasi hanya untuk kepentingan perseorangan.

“Apalagi Bayah saat ini sedang dengan dahulu. Bayah sekarang adalah Bayah yang punya banyak potensi. Ada industri dan lainnya, untuk itu perlunya sinergitas untuk sama-sama mengawal agar berjalan dengan baik,” kata Rafik, yang juga merupakan Kepala Desa Bayah Timur.

(Usep).