‘Eka Tjipta’ Sinar Mas Beli Lahan KSP 19 Hektar, Bakal Bangun Mega Proyek di Cilegon

98

 10-07-47-penandatanganan-akta-perjanjian-penggunaan-tanah-industri-ppti-antara-pt-krakatau-sarana-infrastruktur-dan-pt-krakatau-sarana-_169

PT Krakatau Sarana Properti (KSP) yang merupakan subholding alias anak usaha PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) menjual lahan tanah di Kawasan Industri Krakatau kepada Asia Pulp & Paper (APP), yang merupakan Grup Sinar Mas.

Total, KSP menjual 19 hektare (ha) lahan yang berada dalam pengelolaan unit bisnis perseroan senilai hampir Rp 500 miliar. Penandatanganan jual beli sendiri dilakukan Senin (28/11/2022).

“Proses signing berjalan mulus. Ini merupakan sejarah dan langkah maju positif untuk kedua belah pihak. Kami sudah berhubungan selama 1 tahun dengan Sinar Mas dan pada akhirnya berjodoh juga. KSP senang ada investor lokal besar yang masuk ke kawasan industri Krakatau. Harapan ke depan, Sinar Mas Group juga masuk di kawasan komersial KSP dan ikut berpartisipasi membangun smart city di Cilegon,” kata Ridi Djajakusuma, Direktur Utama PT. Krakatau Sarana Properti dalam keterangan rilis resmi tertulis, Selasa (29/11/2022) seperti dimuat di cnbcindonesia.com.

Rencananya APP Sinar Mas akan segera memulai project pembangunan pabrik di tahun 2023 sebagai pengembangan industri kimia bagi group Sinar Mas dalam rangka memenuhi dan melengkapi hilirisasi bisnis yang sudah dilakukan APP Sinar Mas.

Lebih lanjut KSP saat ini sedang giat dalam mengembangkan ekspansi bisnisnya kedepan. Tidak hanya berkutat dalam pengelolaan kawasan industri saja, KSP juga akan melakukan berbagai terobosan lainnya seperti mengembangkan hunian komersial, membangun eco park Industrial untuk kawasan industri Krakatau, rencana pembelian lahan baru di luar Cilegon dan melakukan kerjasama dengan kawasan industri di wilayah ibukota baru Nusatara (IKN).

“Hadirnya APP Sinar Mas di Cilegon membuktikan pangsa pasar pemain lokal sama pentingnya dengan investor asing lainnya dan KSP selalu siap memberikan ruang untuk para pemain industri lokal yang ingin berinvestasi di kawasan industri Krakatau, semua fasilitas pendukung kami sangat lengkap, terintegrasi dan strategis,” pungkas Ridi Djajakusuma.

Sinar Mas sendiri merupakan konglomerasi usaha yang dibangun dan dimiliki oleh keluarga Eka Tjipta Widjaja. Sementara Grup Krakatau merupakan lini bisnis milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dikenal dengan bisnis bajanya. **