Dwikorita, Wanita Pertama Jabat Rektor UGM

1454

dwikoritaGuru besar Ilmu Geologi Universitas Gadjah Mada Dwikorita Karnawati terpilih sebagai rektor masa bakti 2014-2017. Ia menjadi rektor wanita pertama di UGM.

“Ini menjadi rektor wanita pertama selama 65 tahun ini, ini hebat juga,” ujar Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) UGM Sofyan Effendi, Sabtu (22/11).

Dwikorita menggantikan rektor sebelumnya, Pratikno yang diangkat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Menseneg). Wanita yang pernah ditunjuk menjadi moderator debat pilpres lalu ditetapkan sebagai rektor melalui sistem musyawarah mufakat dalam rapat pleno tersebut.

 “Kita tidak melakukan pemilihan atau voting, kita gunakan musyawarah dan mufakat karena kandidat lain sudah mengamanahkan jabatan rektor ke Bu Dwikorita,” kata Sofyan.

Dwikorita akan dilantik secara resmi pada Senin (23/11) besok. Rapat pleno MWA sendiri dihadiri 19 anggota dari 23 anggota yang ada. MWA melakukan seleksi terhadap lima calon rektor sejak sepekan terakhir.

“Namun karena ada ketentuan administratif bahwa saat dilantik rektor tidak boleh berusia 60 tahun maka tinggal tiga calon yang maju yaitu Pak Iwan Dwirahasto, Pak Didi Achjari serta Bu Dwikorita,” kata Sofyan.

Tiga calon ini kemudian dipanggil MWA untuk wawancara mengetahui kesiapannya sebagai rektor UGM. “Dalam wawancara itu ternyata ada komitmen bersama. Pak Didi dan Pak Iwan mengamanahkan jabatan Rektor ke Bu Dwikorita karena Pak Didi belum profesor sedangkan Pak Iwan akan berkonsentrasi pada pembenahan administrasi akademik UGM,” kata Sofyan.

Dijadwalkan Pratikno yang kini sebagai Mensesneg akan mengahadiri pelantikan Dwikorita sebagai Rektor baru di UGM.

(Rol)

Comments are closed.