Peringati Hari Kebangkitan Nasional, LSM TOPAN RI Gelar Donor Darah

993

topanCilegon, (Bidik Banten) – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan dan Kebangkitan Nasional yang rutin di laksanakan setiap tahunnya, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Team Operasional Penyelamat Asset Negara Republik Indonesia (DPD LSM TOPAN-RI) Kota Cilegon mengadakan acara Donor Darah dengan maksud dan tujuan untuk transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkannya karena setetes darah yang di donor berarti untuk kehidupan manusia.

Acara ini berlangsung pada hari Sabtu (6/5/) jam 10.00 WIB tadi pagi di Mall Ramayana Cilegon dihibur musik oleh Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ) Cilegon, demi keberlangsungan kegiatan ini Lsm Topan-RI bekerjasama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) rumah sakit krakatau medika dan Mall Ramayana Cilegon. Adapun peserta pendonor tersebut dari masyarakat bahkan direktur eksekutif dan sekretaris DPD Lsm Topan-RI Kota Cilegon beserta anggotanya ikut serta menyumbangkan darahnya

Pemberian darah seseorang secara sukarela sangat di butuhkan dan semua orang dapat menjadi pendonor darah jika memenuhi persyaratan yang berlaku seperti:
1. Sehat jasmani dan rohani.
2. Usia 17 tahun sampai dengan 65 tahun.
3. Berat Badan Minimal 45 Kg.
4. Tekanan Darah (sistole 100-170 dan diastole 70-100).
5. Kadar haemoglobin 12,5 g% s/d 17,0 g%.
6. Interval donor maksimal 5 kali dalam 1 tahun.

Direktur Eksekutif DPD Lsm Topan-RI Kota Cilegon, Hilman Robiana (Bang Kobra) mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu agenda Lsm kami yang sudah berjalan perenam bulan sekali.

“Kegiatan Donor Darah ini hanya membantu Masyarakat semata dan di jadikan suatu percontohan untuk menarik simpatik terhadap masyarakat Cilegon yang akan mendonorkan darahnya. Tetap dong kita harus bersinergi dengan pihak pemerintahan Kota Cilegon agar kegiatan ini terus terlaksana, kami juga mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya baik terhadap pihak pemerintahan Kota Cilegon, PMI, pihak Kepolisian, TNI, maupun Masyarakat Cilegon yang sudah mendukung dan membantu kegiatan kita sehingga berjalan dengan lancar dan kondusif. Kegiatan kita selain Donor Darah ada juga sunatan massal, wawasan kebangsaan” terangnya.

Hal senada dikatakan Edi Suryadi, Sekretaris Eksekutif yang menjelaskan kegiatan ini harus lebih di maksimalkan untuk mencapai yang ditargetkan.

“Target kita kedepan dalam kegiatan Donor Darah adalah banyaknya Masyarakat Cilegon dapat mendonorkan atau mentransfusi darahnya. Kita dengan kegiatan ini harus selalu bersinergi, bekerjasama dengan berbagai pihak manapun demi keberlangsungan kesehatan Masyarakat Cilegon” jelasnya.

Manager Mall Ramayana Cilegon, Miki Maulana mengungkapkan pihak ramayana Cilegon dalam kegiatan sosial tersebut sudah lama bekerjasama dengan baik juga di lakukan dengan rutin.

“Kita sangat mengapresiasi sekali bahkan mendukung menfasilitasi karena kegiatan sosial Lsm Topan-RI Kota Cilegon ini sangat positif untuk kepentingan Masyarakat yang membutuhkannya. Kita di mata mereka di kenal baik begitu juga sebaliknya mereka di kenal baik oleh kita bahkan Karyawan-karyawan kita menyambut dengan positif kegiatan sosial ini. Kedepannya agar lebih meriah lagi dan terus keberlanjutan agar kegiatan selalu terjaga dengan baik” ungkapnya.

Sementara itu, Imam Fidaus dari bagian umum logistik PMI Cilegon berkomentar, “Menurut kami kegiatan ini bagus memperkenalkan kepada Masyarakat tentang manfaat donor, selain itu juga agar teman-teman Topan-RI menunjukan tingkat kepedulian sosialnya tinggi. Langkah selanjutnya pihak PMI Kota Cilegon akan selalu bekerjasama di setiap event-event seperti ini kita ikut terlibat” ucapnya. **