Mahasiswa Kelompok 25 KKM UNTIRTA Gelar Penyuluhan Untuk Siswa SMAN 1 Mancak, Ini Tujuannya

110

SERANG, Bidikbanten.com – Mahasiswa Kelompok 25 KKM Tematik UNTIRTA Desa Mancak melaksanakan kegiatanan seminar “Peningkatan Hukum Lalu Lintas Kesehatan dan Perlindungan Anak”. Kegiatan ini di laksanakan di SMAN 1 Mancak tepatnya disalah satu kelas SMAN 1 Mancak dengan sasaran tujuan siswa/I SMAN 1 Mancak, Selasa, (30/1). Sasaran tersebut ditujukan karena pada usia tersebut rentan sekali akan kekerasan pada anak, tingkat kesadaran yang rendah akan hukum lalu lintas serta edukasi tentang stunting.

Seminar ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan informasi serta edukasi kepada siswa siswi SMAN 1 Mancak mengenai Konsep dan Kebijakan Perlindungan Anak dengan materi “Konsep dan Kebijakan Perlindungan Anak” yang di sampaikan oleh Ipah Ema Jumiati, kemudian dilanjutkan dengan materi Stunting dengan judul materi “SEHATI (Seribu Hari Pertama Kelahiran dalam Mencegah Stunting)” yang disampaikan oleh ibu Hj. Yanyan Dwiyanti, dan di akhir oleh Imam Aris Munandar dengan materi Hukum Lalu Lintas mengenai E-Tilang dengan judul materi “Efektivitas Penggunaan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas”.

Dosen Pembimbing KKM Kelompok 25 Untirta, Dr. Ipah Ema Jumiati, S.IP., M.Si menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran para siswa siswi SMAN 1 Mancak.

“Seperti yang diketahui tingkat kekerasan anak, stunting, serta hukum lalu lintas masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah bagi adik-adik SMAN 1 Mancak ini” ujarnya.

Ipah juga menambahkan bahwa siswa siswi SMAN 1 Mancak juga merasa termotivasi dan terinspirasi oleh mahasiswa UNTIRTA yang berbagi ilmu dan pengalaman.

“Iya saling berbagi, mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dalam melakukan penyuluhan. Mereka juga merasa senang dan bangga bisa berkontribusi untuk edukasi sosial sedangkan adik-adik juga diberikan kesempatan untuk bertanya seputar perkuliahan ataupun strategi dan trik masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)” tambahnya.

Seperti yang diketahui tingkat kekerasan anak, stunting, serta hukum lalu lintas masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah akan hal tersebut. Sehingga dengan diadakan kegiatan seminar Peningkatan Hukum Lalu Lintas, Kesehatan dan Perlindungan Anak diharapkan meningkatkan kesadaran para siswa siswi SMAN 1 Mancak akan hal tersebut.

Suksesnya kegiatan seminar ini tak luput karena adanya kerja sama antara Dr. Ipah Ema Jumiati, S.IP., M.Si selaku Dosen Pembimbing KKM Kelompok 25 Untirta, serta jajaran guru SMAN 1 Mancak yang membuat kegiatan seminar ini sukses dan berjalan dengan baik.