Jadi Lintasan Mudik dan Wisata Lebaran, Pemkot Cilegon Siaga Ancaman Hepatitis Akut

70

1652370367711

Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Banten tengah bersiaga menghadapi ancaman penyebaran hepatitis akut. Apalagi Kota Cilegon menjadi daerah lintasan arus mudik dan tujuan wisata libur Lebaran Idul Fitri 2022.

Penyakit hepatitis akut ini sangat rentan terhadap anak-anak, sehingga dianjurkan untuk rajin mencuci tangan, memakai masker, menghindari orang yang sedang sakit, melakukan pola hidup dan mengkonsumi makanan sehat, kemudian mengurangi aktivitas luar rumah.

“Kita diskusi perihal mengenai kota sehat dan juga antisipasi mengenai hepatitis akut juga. Ini banyak menyerang anak kan, Dinkes juga sudah antisipasi, waspada,” kata Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian di Kantor Dinkes Kota Cilegon, Banten, Selasa (10/05/2022).

Hingga kini, Helldy memastikan belum ditemukan adanya kasus hepatitis misterius di Kota Cilegon. Meski begitu dia sudah meminta Dinkes dan fasilitas kesehatan (faskes) untuk mewaspadai dan bergerak cepat jika ditemukan ada pasien yang memiliki gejala tersebut.

“Belum ada di Cilegon, kita sudah menyebar ke faskes-faskes yang ada di Kota Cilegon, rumah sakit, suskesmas dan rumah sakit swasta lainnya,” terangnya.

Mengantisipasi ditemukannya pasien hepatitis misterius ini, Pemkot Cilegon akan menggelar rapat besar bersama faskes, serta mengundang Kemenkes dan dokter ahli pada Kamis, 12 Mei 2022 mendatang.